TEST DRIVE

Test Drive Toyota Raize: SUV 1.000 Cc Turbo Tak Pelit Fitur

CNN Indonesia | Jumat, 14/05/2021 15:04 WIB
Toyota Raize adalah SUV 5 penumpang yang banderolnya selevel Rush, namun menawarkan kecanggihan teknologi dan fitur. Toyota Raize. CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Amunisi anyar Toyota, Raize, mungkin adalah mobil yang paling dinanti tahun ini sebab menjanjikan sebuah kendaraan bakal masyarakat melek teknologi yang belum punya banyak uang.

Kenapa tidak? Mobil lima penumpang ini memiliki harga terbilang terjangkau, enak dilihat, dan dilengkapi banyak fitur modern.

Produk ini bisa dibilang sebagai paket hemat buat Anda yang ingin mobil 'murah' tapi tidak murahan. Raize sejauh ini dapat memenuhi kategori tersebut.


Beberapa hari usai peluncurannya di Indonesia, sejumlah media di Tanah Air, termasuk CNNIndonesia.com, diberi kesempatan menjajal mobil kembaran Daihatsu Rocky ini. Pengenalan produk berupa sesi test drive dilakukan singkat, hanya menyusuri jalanan Jakarta hingga ke Tangerang.

Namun sebelum membahas rasanya nyetir Raize, saya terlebih dahulu akan mengupas sedikit mengenai keunggulan mobil ini.

Desain

Bagi saya mobil ini unggul ketimbang kompetitor SUV ringkas lima penumpang, yaitu Nissan Magnite dan Kia Sonet.

Raize memiliki desain mudah dipahami mulai dari depan sampai ke belakang. Lampu utama dibuat tak terlalu menyipit dan mengapit logo tiga elips Toyota pada bagian tengahnya. Kemudian grill trapesium mendominasi area wajah mobil ini.

Bagian bumpernya juga tersemat lampu yang menjadi fitur day time running light (DRL).

Kemudian sisi samping terdapat lekukan bodi yang membuat mobil ini terlihat kekar, sementara sisi belakang berpadu lampu kombinasi dan garnish. Untuk varian GR Sport TSS seperti yang saya gunakan, sudah menggunakan pelek hitam 17 inci sehingga memperkuat kesan sporty pada mobil tersebut.

Toyota Raize meluncur di Indonesia pada 30 April 2021.Toyota Raize meluncur di Indonesia pada 30 April 2021. (Toyota Astra Motor)

Masuk ke kabin, kita disuguhkan interior nuansa serba hitam. Desain interior terasa pas, meski sebagian material masih dibuat menggunakan plastik.

Dasbor dilengkapi head unit besar sebagai pusat hiburan penumpang dan pengemudi. Kemudian pengoperasian AC sudah digital, sementara roda kemudi terdapat banyak tombol untuk pengoperasian sistem hiburan hingga fitur mengemudi.

Duduk sebagai penumpang depan di mobil ini, untuk seseorang dengan tinggi badan 180 cm dan berat 117 kg, sedikit terasa sempit sehingga pergerakan tak leluasa.

Raize diketahui mempunyai dimensi panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, dan tinggi 1.635 mm. Sementara wheelbase mencapai 2.525 mm dan ground clearance 200 mm.

Fitur, Mesin, dan Rasa Mengemudi

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK