Clubhouse Android Bisa Diunduh Pekan Ini di Semua Negara

CNN Indonesia | Selasa, 18/05/2021 01:43 WIB
Clubhouse untuk Android telah diuji pada Mei di Amerika Serikat, kemudian dirilis untuk berbagai negara lantas bisa diunduh di semua negara pada pekan ini. Ilustrasi Clubhouse. (AFP/ODD ANDERSEN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Aplikasi Clubhouse untuk Android dilaporkan bakal bisa digunakan secara global pekan ini. Jika berjalan lancar, pengguna Android di seluruh negara akan dapat mengunduh aplikasi ini secara resmi pada Jumat (21/5).

Pengembang telah menguji Clubhouse untuk Android versi beta di Amerika Serikat pada awal Mei. Beberapa hari kemudian, Clubhouse untuk Android tersedia di Inggris, Kanada, Australia, dan Selandia Baru.

Melansir TNW, akun Twitter Clubhouse mengumumkan pengguna Android di Jepang, Brasil, dan Rusia sudah bisa mengunduh sejak Kamis (20/5). Beberapa jam kemudian diikuti pengguna di Nigeria dan India.


Pada keesokan harinya, seluruh pengguna Android di dunia sudah bisa mengunduh Clubhouse di Play Store.

Langkah Clubhouse membuka versi Android bagi pengguna di seluruh dunia untuk menopang basis pengguna yang semakin berkurang. Unduhan aplikasi anjlok dari puncak 9,6 juta pada Februari menjadi 922.000 pada April, menurut firma analitik Sensor Tower.

Di tengah meningkatnya persaingan, Clubhouse mengumumkan program akselerator untuk 50 pertunjukan di platform awal bulan ini.

Salah satu pendiri perusahaan, Paul Davidson, mengatakan, perusahaan sedang menjajaki cara baru untuk meningkatkan pertemuan, fitur pesan langsung, acara berbayar, dan langganan.

Melansir Slash Gear, pengguna baru masih perlu diundang untuk masuk ke jaringan, meskipun sudah memiliki aplikasinya.

Terlepas dari ekspansi yang cepat tapi lama tertunda ini, Clubhouse masih ingin mempertahankan apa yang disebutnya 'pertumbuhan terukur' dan dengan sengaja membatasi akses ke jaringannya, setidaknya untuk saat ini.

(jps/fea)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK