11 Tahun Vakum, Mitsubishi Bangkitkan Ralliart

CNN Indonesia | Selasa, 18/05/2021 07:19 WIB
Ralliart, divisi performa Mitsubishi di ajang reli, bakal dibangkitkan lagi usai berhenti beroperasi pada 2010. Logo Mitsubishi Ralliart. (Wieck/Mitsubishi)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mitsubishi mengkonfirmasi segera menghidupkan kembali divisi Ralliart dan kembali ke dunia motorsport. Hal itu diketahui dari laporan keuangan perusahaan pada 2020 yang juga menjelaskan pembaruan besar desain Xpander bakal datang pada 2023.

Ralliart berdiri pada 1983 oleh Andrew Cowan yang saat itu dikenal sementara sebagai 'Andrew Cowan Motorsports. Pada akhir 1980an Ralliart sukses dengan Galant VR-4 kemudian dilanjutkan nama besar Lancer Evolution di ajang reli pada 1990an.

Mitsubishi berhenti mendanai Ralliart pada 2010 karena tekanan finansial.


"Untuk pelanggan yang ingin merasakan Mitsubishi-ness kami, kami akan meluncurkan aksesori yang dibuat khusus untuk empat model saat kami masuk kembali ke ajang motorsport di seluruh dunia," ujar CEO Mitsubishi Takao Kato, melansir AutoExpress.

Mitsubishi belum detail menjelaskan rencana itu, namun diharapkan Ralliart kembali ke reli Dakar dengan versi modifikasi khusus dari salah satu SUV barunya atau pick-up L200.

Sebagai bagian dari kebangkitannya, Mitsubishi juga akan memperkenalkan rangkaian baru add-on bermerek Ralliart untuk jajaran road car-nya. Body kit agresif, spoiler yang lebih besar, mudflap, rak atap, dan set stiker semuanya bisa masuk dalam daftar opsi, meskipun masih harus dilihat apakah akan ada penambahan performa.

Mengutip Car and Driver, Mitsubishi sempat menawarkan Lancer versi Ralliart turbocharged di AS dari 2009 hingga 2014 dan Lancer Evolution yang performanya lebih tinggi. Ada juga versi Ralliart dari sedan mid-size Galant.

Karena jajaran Mitsubishi saat ini kebanyakan menampilkan SUV, ada kemungkinan versi Ralliart merangkai setingan khusus buat Outlander atau Eclipse Cross. Dalam presentasinya, Mitsubishi memperlihatkan logo Ralliart bersama dengan versi pikap L200.

Mitsubishi menyebut kembalinya Ralliart untuk membantu mencapai tujuannya 'realization of Mitsubishi Motors-ness'.

(jps/fea)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK