Simpati Palestina, Ojol Gelar Aksi dan Galang Dana di Bandung

CNN Indonesia | Rabu, 19/05/2021 18:33 WIB
Massa ojol, sebagian membawa bendera Palestina dan spanduk 'Save Palestine', dilakukan di Bandung pada Rabu (19/5). Aksi damai pengendara ojek online mendukung Palestina di Bandung, Jawa Barat, Rabu (19/5). (CNNIndonesia/Huyogo Simbolon)
Bandung, CNN Indonesia --

Gelombang dukungan untuk warga Palestina di Bandung, Jawa Barat, terus berdatangan. Setelah aksi simpati di Gedung Merdeka akhir pekan lalu hingga buruh di Gedung Sate kemarin, dukungan kini muncul dari para pengendara ojek online atau ojol pada Rabu (19/5).

Ratusan pengendara ojol turun ke jalan dengan menggelar aksi damai peduli Palestina di depan Gedung Sate, Kota Bandung. Aksi ini mengutuk keras serangan Israel terhadap warga Palestina.

Pantauan CNNIndonesia.com, massa aksi membawa spanduk bertuliskan 'Save Palestine dan Doa Kami untuk Palestina, Kami Mengutuk Serangan Zionis ke Al-Aqsa.


Selain itu, massa juga membawa bendera Palestina dan beberapa perwakilan komunitas ojol menyampaikan orasinya.

"Dukung Palestina jangan sampai terjadi lagi [serangan]. Kita salat santai saat Idulfitri tidak seperti di Palestina. Kita sumbang doa, spirit agar pemerintah tahu kita juga dukung masalah di Palestina," kata Sutisna, salah satu perwakilan komunitas ojol.

Sutisna mengatakan aksi damai tak hanya di Bandung, namun juga dilakukan di beberapa daerah seperti di Tasikmalaya hingga Jakarta.

"Biar kita diprioritaskan pemerintah untuk memperhatikan Palestina. Kita hanya aksi damai," ujarnya.

Menurut Sutisna, aksi solidaritas terhadap warga Palestina ini murni karena rasa kemanusiaan. Setelah menggelar aksi, para pengendara ojol kembali menjalani aktivitasnya seperti biasa.

"Sehari ini saja kita melakukan aksi dan tidak mengganggu aktivitas perjalanan kita. Kita semua manusia, ditanamkan di driver online itu solidaritas apalagi lihat anak kecil jadi korban," katanya.

Selain menggelar aksi damai, Sutisna mengaku pihaknya akan melakukan penggalangan dana. Setelah dana terkumpul, komunitas akan menyalurkan bantuan tersebut kepada lembaga yang sudah siap menyalurkan.

"Nanti pengurus masing-masing melakukan penggalangan dana. Sudah ada lembaga yang menyalurkan niatan kita berderma," ujarnya.

Sebelumnya, aksi sekelompok warga yang tergabung dalam Aliansi Umat Islam Jabar Peduli Palestina mengecam serangan terhadap warga Palestina digelar di depan Gedung Merdeka, Kota Bandung, Jawa Barat, pada Rabu (15/5) lalu.

Aksi turun ke jalan bertajuk solidaritas untuk Palestina juga digelar oleh sejumlah elemen serikat pekerja Jawa Barat di depan Gedung Sate, Kota Bandung pada Selasa (18/5). Massa buruh turut mengecam serangan dan kekerasan yang dilakukan Israel terhadap warga sipil Palestina. 

(hyg/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK