PPDB DKI Jakarta Dibuka Netizen Ribut Sulit Mendaftar

eks, CNN Indonesia | Senin, 07/06/2021 11:27 WIB
Netizen mengeluh kesulitan melakukan pendaftaran di situs PPDB DKI Jakarta lantaran gagal buat akun hingga notifikasi interkoneksi. Ilustrasi. Netizen mengeluh kesulitan melakukan pendaftaran di situs PPDB DKI Jakarta lantaran gagal buat akun hingga notifikasi interkoneksi. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2021/2022 di DKI Jakarta dimulai hari ini, Senin (7/6).

PPDB sendiri merupakan seleksi yang digunakan untuk masuk sekolah negeri. Terdapat empat jalur PPDB yang dapat dipilih siswa dengan tolok ukur seleksi yang berbeda-beda.

Keempat jalur tersebut adalah jalur prestasi akademik dan/atau non akademik, jalur afirmasi untuk anak dari keluarga tidak mampu, jalur zonasi berdasarkan domisili siswa dan sekolah, serta jalur pindah tugas orang tua dan anak guru.


Namun, sejumlah siswa mengeluhkan kesulitan melakukan pendaftaran di situs PPDB DKI Jakarta. Namun, situs PPDB sendiri hingga berita dibuat masih bisa diakses.

Sejumlah calon siswa mengeluh tak bisa mengajukan akun di situs pendaftaran itu.

"Web PPDB...dari jam 8 ga bisa ngajuin akun," tulis akun @haizixian.

Akun @schfess juga mengeluh situs PPDB yang ia gunakan tak sulit di akses lantaran server eror.

"PPDB day 1 tapi server error"

Sementara pengguna lain mengeluh selalu mendapat notifikasi kalau situs PPDB DKI Jakarta yang ia akses kerap mengalami interkoneksi.

"PPDB Jakarta kenapa sih interkoneksi mulu..."

Senada akun @shallnotshell juga kerap mendapat notifikasi terjadi gangguan interkoneksi.

Akun @ylsning70 mengkritik mengapa tiap tahun situs PPDB selalu bermasalah.

"PPDB oh PPDB tiap tahun bermasalah melulu. Gimana sih? @PPDBDKI1"

Berdasarkan Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 32 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis PPDB, terdapat sejumlah aturan dan tahapan yang perlu dilewati untuk mengikuti PPDB.

Tahapan tersebut di antaranya, calon siswa harus melakukan pengajuan akun di situs https://ppdb.jakarta.go.id berdasarkan jadwal yang sudah ditetapkan berdasarkan jalur dan jenjang sekolah.

Kemudian calon siswa melakukan aktivasi token dan memilih sekolah yang ingin dituju. Pihak sekolah dan pemerintah setempat lalu melakukan proses seleksi.

Setelah proses seleksi selesai, hasil seleksi PPDB akan diumumkan dan calon siswa yang lolos seleksi diwajibkan melaporkan diri agar terdaftar resmi sebagai siswa baru.

(eks)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK