3 Juta Data Konsumen Volkswagen AS-Kanada Diduga Dicuri

CNN Indonesia | Sabtu, 12/06/2021 20:08 WIB
Pabrikan otomotif Volkswagen melaporkan 3 juta data konsumen diduga dicuri oleh vendor yang bekerja sama dengan pembuat mobil. Ilustrasi. 3 juta data konsumen Volkswagen diduga dicuri. (Foto: REUTERS/David Gray)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pabrikan otomotif Volkswagen (VW) melaporkan setidaknya 3 juta data konsumen diduga dicuri data perusahaan luar atau vendor yang bekerja sama dengan pembuat mobil. Namun perusahaan tidak menyebutkan nama vendor yang dimaksud.

Data tersebut berisi informasi kontak dasar yang berisi nomor Surat Izin Mengemudi (SIM), alamat email, nomor telepon, dan dalam beberapa kasus nomor kendaraan.

Dengan temuan itu, Volkswagen mengaku telah menjangkau 90 ribu konsumen di AS yang sebagian besar merupakan konsumen Audi yang memiliki informasi sensitif.


"Kami menyesalkan ketidaknyamanan yang mungkin ditimbulkan oleh pelanggan kami saat ini atau calon pelanggan kami," kata VW AS dalam sebuah pernyataan dilansir dari CNN, Sabtu (12/6).

VW menjelaskan, data-data yang dicuri tersebut juga terdapat data orang-orang yang hanya bertanya tentang pembelian kendaraan Audi atau VW yang telah dikumpulkan antara tahun 2014 dan 2019.

Data-data informasi pribadi tersebut telah dikumpulkan dan disimpan untuk tujuan pemasaran, dan tertinggal dalam file yang tidak aman.

Untuk itu, VW meminta konsumen untuk terus berhati-hati di tengah maraknya penyalahgunaan dunia siber.

"Seperti biasa, kami menyarankan agar tiap-tiap konsumen tetap waspada terhadap email mencurigakan atau komunikasi lain yang mungkin meminta konsumen untuk memberikan informasi tentang diri mereka atau kendaraan mereka," pungkas VW.

(khr/psp)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK