Seseorang Berani Bayar Rp400 M Trip Bareng Bezos ke Orbit

eks, CNN Indonesia | Minggu, 13/06/2021 05:56 WIB
Seseorang yang masih dirahasiakan identitasnya berani bayar Rp400 miliar untuk trip bareng Bezos ke orbit. Jeff Bezos akan terbang ke tepian luar angkasa bulan depan (MANDEL NGAN / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Seorang penawar misterius berani membayar US$28 juta atau hampir Rp400 miliar (Rp398,2 miliar; kurs Rp 14,224) untuk terbang bersama Jeff Bezos ke orbit dengan Blue Origin dan kembali ke Bumi.

Tawaran itu muncul pada lelang yang dilakukan Sabtu (12/6) untuk mendapatkan kursi yang bersebelahan dengan Jeff Bezos saat terbang ke orbit dengan pesawat luar angkasa berawak pertama Blue Origin bulan depan.

Pekan ini, pendiri Amazon itu mengungkap ia dan saudaranya Mark akan mengorbit dengan New Shepard milik Blue Origin pada 20 Juli. Misi peluncuran kali ini adalah untuk terbang ke tepi luar angkasa dan kembali ke Bumi.


Bezos bersaudara akan terbang bersama dengan pemenang lelang amal hari Sabtu. Hingga saat ini, identitas penawar lelang tersebut masih belum diketahui. Begitu juga nama turis luar angkasa keempat hingga kini masih dirahasiakan.

"Nama pemenang lelang akan dirilis dalam beberapa minggu setelah penutupan lelang," cuit Blue Origin usai penjualan.

"Kemudian, anggota kru keempat dan terakhir akan diumumkan -- nantikan terus."

Pemenang lelang pada Sabtu, berhasil mengalahkan sekitar 20 pesaing dalam lelang yang diluncurkan sejak 19 Mei.

Pada Kamis, penawaran lelang telah mencapai US$4,8 juta. Tapi, tawaran lelang lantas melonjak gila-gilaan di momen-momen terakhir.

Hasil lelang akan disumbangkan ke yayasan Blue Origin, Club for the Future, yang bertujuan untuk menginspirasi generasi mendatang untuk mengejar karir di STEM - sains, teknologi, teknik, dan matematika. Tentu hasil lelang itu setelah dopotong enam persen untuk komisi pelelang.

Peluncuran New Shepard akan dilakukan di sebuah gurun di Texas barat. Perjalanan ke orbit itu akan berlangsung 10 menit. Dalam perjalanan itu, keempat turis akan meluncur hingga di atas garis Karman yang menjadi batas antara atmosfer dan ruang angkasa.

Setelah peluncuran, kapsul akan terpisah dari roket pendorongnya untuk menghabiskan empat menit di ketinggian lebih dari 100 kilometer. Selama empat menit itu, mereka yang berada di dalam pesawat akan mengalami keadaan tanpa bobot dan dapat mengamati lengkungan Bumi.

Roket pendorong yang mengantar pesawat ke orbit, akan mendarat secara mandiri di landasan yang berada dua mil dari lokasi peluncuran. Sementara kapsul akan kembali ke Bumi menggunakan tiga parasut besar untuk memperlambat jatuh ke Bumi.

(eks)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK