TIPS TEKNOLOGI

Cara Menggunakan VPN di iPhone atau iPad

CNN Indonesia | Senin, 14/06/2021 13:13 WIB
Apple telah menyertakan kemampuan untuk menambahkan koneksi VPN ke iOS dan iPadOS. Namun perlu dicoba untuk menambahkan VPN secara terpisah. Ilustrasi VPN. (Foto: (Apple via AP))
Jakarta, CNN Indonesia --

Apple memperkenalkan layanan Private Relay sebagai bagian dari iCloud, yang akan mencakup fitur seperti sembunyikan email, dan bertujuan untuk penjelajahan web lebih aman dan lebih private untuk pengguna iPhone dan iPad.

Meskipun Private Relay disebut elemen penting, banyak pengguna sudah dapat menikmati privasi dan keamanan yang ditingkatkan dengan menggunakan layanan VPN.

Hal itu karena Apple telah menyertakan kemampuan untuk menambahkan koneksi VPN ke iOS dan iPadOS. Namun perlu dicoba untuk menambahkan VPN secara terpisah.


Apa itu VPN, mengapa harus menggunakannya?

Koneksi Virtual Private Network (VPN) adalah cara untuk menyalurkan koneksi Internet Anda melalui jalur online tertentu. Karena data dari perangkat Anda dienkripsi sebelum dikirim ke layanan VPN, dan sebaliknya, data terenkripsi dijaga kerahasiaannya dan aman dari pengintaian oleh siapa pun yang mencoba menyadap.

Misalnya, Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi di kafe yang ditawarkan gratis kepada pelanggan, tetapi akses Wi-Fi kerap dinilai berbahaya. Akses dapat digunakan untuk mendengarkan data yang tidak terenkripsi atau ditransmisikan secara terbuka, semua tanpa sepengetahuan pengguna.

Dengan menggunakan VPN, setelah koneksi terenkripsi dibuat, serangan siber semacam itu disebut tidak akan berfungsi, karena semua yang melewati akses terenkripsi dan di luar jangkauan.

VPN vs Private Relay

Layanan Private Relay Apple secara singkatnya bisa disebut VPN, tetapi dengan privasi yang lebih ditingkatkan.

Dikutip Wired, Private Relay mengenkripsi lalu lintas web pengguna dan menghubungkannya lewat jalur dengan memberikan semua manfaat keamanan dan privasi yang dapat ditawarkan VPN.

Apple mengklaim penggunaan beberapa proxy dijalankan oleh perusahaan pihak ketiga yang belum disebutkan namanya. Sistem mengenkripsi data sedemikian rupa sehingga Apple dapat mengetahui identitas pengguna tetapi tidak pada server atau konten.

Memilih VPN

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memiliki detail layanan VPN yang diinginkan. Mesin pencari akan menampilkan banyak layanan berbeda di pasar yang menawarkan VPN. Sebagian VPN ada yang menawarkan penggunaan secara gratis.

Ingatlah bahwa layanan yang diberikan secara gratis juga dianggap harus menghasilkan uang. Pemasangan iklan adalah metode yang jelas dapat menjadi data yang dijual kepada pihak ketiga.

Periksa privasi dan keamanan layanan. Pastikan VPN menggunakan enkripsi setidaknya 256-bit, dan perhatikan bahwa tidak ada pencatatan aktivitas Anda.

Konfigurasi VPN manual

Jika Anda harus menggunakan VPN yang disediakan perusahaan untuk bekerja, Anda dapat mengaturnya di dalam menu Pengaturan iPhone dan iPad.

Cara mengatur VPN secara manual di iOS dan iPadOS

- Buka Pengaturan
- Ketuk Umum, lalu pilih VPN
- Ketuk Tambah Konfigurasi VPN
- Ketuk Jenis dan pilih jenis VPN yang akan Anda konfigurasikan, lalu Tambah Konfigurasi
- Masukkan informasi lainnya yang Anda perlukan untuk koneksi, seperti alamat server, nama akun dan detail kata sandi, ID Jarak Jauh dan Lokal, dan apakah ada proxy yang digunakan.
- Setelah detail ditambahkan, klik Selesai.

Cara menghidupkan dan mematikan VPN di iOS dan iPadOS

- Buka Pengaturan
- Ketuk Umum, lalu VPN.
- Di samping status, geser sakelar untuk mengaktifkan dan mematikan VPN

Untuk menonaktifkan ini, ketuk ikon lingkaran informasi di sebelah VPN untuk memunculkan informasi lebih lanjut tentang pengaturan VPN. Jika sakelar di sebelah Hubungkan Sesuai Permintaan berwarna hijau, ketuk untuk mematikannya.

Cara beralih ke profil VPN yang diinstal di iOS dan iPadOS

- Buka Pengaturan
- Ketuk Umum, lalu VPN.
- Ketuk VPN yang ingin Anda gunakan.

Cara menghapus konfigurasi VPN dari iOS dan iPadOS

- Buka Pengaturan
- Ketuk Umum, lalu VPN.
- Ketuk ikon lingkaran informasi di sebelah VPN yang ingin Anda hapus.
- Ketuk Hapus VPN.
- Pada kotak notifikasi, ketuk Hapus.

Dikutip Apple Insider, cara ini akan menghapus profil VPN yang terpasang, tetapi aplikasi VPN apa pun akan tetap terpasang di perangkat Anda.

(can/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK