Cerita Siswanto Youtuber Kaya Banyumas Dituding Pesugihan

CNN Indonesia | Selasa, 15/06/2021 14:26 WIB
Warga cukup mengandalkan teknologi media sosial Youtube untuk merauk keuntungan. Siswanto warga Banyumas, Jawa Tengah si pemilik akun Siboen Chanel. (Foto: Arbi Anugrah/detikcom)
Banyumas, CNN Indonesia --

Kampung di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah menjadi perbincangan khalayak usai sejumlah warganya meraup penghasilan sampai Rp 150 juta per bulan. Uang yang didapat sangat menggiurkan sehingga menyita perhatian banyak orang.

Seorang warga bercerita uang yang didapat berkat mengandalkan teknologi media sosial Youtube, di antaranya Siswanto si pemilik akun Siboen Chanel.

Siboen Chanel (dengan satu 'n') adalah akun YouTube yang punya 1,22 juta langganan dan 2.032 konten video. Siswanto atau akrab dipanggil Siboen adalah perintis Kampung YouTuber di Desa Kasegeran, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas.


Ia sempat mendapat tudingan pesugihan dan menjadi bagian dari kelompok teroris, namun Siboen menampik dugaan dari warga desa dengan menampilkan sederet prestasi dari Youtube dan Kementerian Sosial.

Pada tahun 2019 ia mulai menargetkan anak didiknya di Kampung Youtuber agar sukses, hingga mereka mendapat gaji dari YouTube.

"Jadi saya pacu, pagi-pagi saya kumpulkan disini, gelar tikar. Awal yang ikut ada 60 orang di sini, pada tahun 2019 kita seleksi tersisa 33. Warga sini semua, untuk yang 20 orang asli sini, yang 13 tetangga desa," kata Siswanto seperti dilansir detikINET.

Beralih ke Siboen Chanel. Kanal Youtube itu merupakan channel rintisan miliknya. Ia sudah memiliki sekitar 10 channel lain dengan berbagai konten dari kuliner sampai horor dan misteri.

Semua kanal miliknya sudah mendapatkan silver play button, bahkan channel utamanya sudah mendapatkan gold play button.

Siswanto mengaku dirinya bisa mendapatkan keuntungan dari kolom iklan dari Rp50 hingga Rp150 juta per bulan, dari seluruh kanal miliknya.

"Pendapatan pertama dari YouTube Rp 1,8 juta itu awalnya," kata dia.

Siboen juga dikenal dengan konten dunia misteri, memancing hingga kegiatan jalan-jalan. Dalam sehari, ia menghabiskan waktunya untuk mengisi konten untuk saluran Youtubenya.

Pada pukul 06.000 pagi, Siboen sudah harus di sungai untuk produksi konten video memancing. Sekitar pukul 07.00 atau 08.00 pagi dia pulang dan materi video mentah diserahkan ke tim penyunting.

"Saya sarapan, habis sarapan saya ke bengkel, buat konten bengkel, ini sampai jam 12.00 WIB siang," ucapnya.

Aktivitas Memproduksi Konten Youtube

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK