Gojek soal Restoran Bodong di Surabaya: Bukan Mitra Usaha

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Rabu, 16/06/2021 01:00 WIB
Gojek mengimbau pelanggan atau mitra driver mengalami keluhan terhadap layanan GoFood untuk segera melapor. Gojek menemukan nama-nama restoran di Surabaya yang viral di media sosial bukan mitra usaha GoFood.. (Foto: Dok. Gojek)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gojek menyatakan masih melakukan investigasi terhadap nama-nama restoran fiktif yang viral di media sosial. Hasil penemuan sementara menunjukkan bahwa restoran tersebut tidak ditemukan sebagai mitra usaha GoFood.

VP Corporate Affairs Food & Groceries Gojek, Rosel Lavina mengatakan dua restoran yang tidak tercatat sebagai mitra usaha adalah Nasi Pecel Dharmahusada, Kejawen Putih dan Nasi Padang Ampera, Kejawen Putih Tambak.

"Hasil penemuan sementara kami menunjukkan bahwa kedua nama restoran tersebut tidak ditemukan sebagai mitra usaha GoFood," ujar Rosel dalam keterangan resmi diterima CNNIndonesia.com, Selasa (15/6).


Sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP), Rosel berkata pihaknya selalu melakukan proses verifikasi jika nama restoran yang didaftarkan sama persis dengan restoran yang sudah ada, namun pemiliknya berbeda. GoFood juga akan menindaklanjuti jika ada restoran dengan nama yang persis sama tapi ternyata bukan franchise maupun cabang.

Dalam proses penerimaan pendaftaran mitra, Rosel menjelaskan Gojek selalu menerapkan kontrol kualitas yang menyeluruh guna memastikan keselarasan informasi di sistem dengan kondisi fisik di lapangan demi memastikan kepuasan untuk pelanggan.

Saat melakukan registrasi di aplikasi GoBiz misalnya, pemilik restoran diwajibkan mengisi informasi lengkap terkait data pemilik dan data usaha.

Kemudian, dia berkata informasi itu akan diverifikasi oleh sistem untuk memastikan keamanan dan kenyamanan di seluruh ekosistem Gojek. Setelah lolos verifikasi dan konfirmasi ulang oleh pemilik resto, akun akan ter-aktivasi dan mitra usaha bisa mulai menerima pesanan via GoBiz.

"Selain melakukan pengecekan melalui sistem, apabila diperlukan tindak lanjut, kami juga akan melakukan proses tambahan yaitu pengecekan langsung ke lokasi oleh mitra driver (driver checking) untuk melihat resto yang terdaftar di GoBiz secara fisik dan meneliti apakah keberadaan mereka telah sesuai dengan data yang disediakan oleh pemilik restoran," ujarnya.

Rosel mengimbau pelanggan atau mitra driver mengalami keluhan terhadap layanan GoFood untuk melapor. Dia mengklaim pihaknya siap untuk mendengarkan masukan dan melakukan investigasi lebih lanjut apabila diperlukan.

"Pelanggan bisa menghubungi Customer Service melalui email [email protected] atau telepon di +6221-5084-9000. Sementara, mitra driver bisa menghubungi Driver Care Unit melalui email [email protected] atau telepon di +6221-5084-9022," ujar Rosel.

(mik/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK