Perbedaan Calling dan Ringing di WhatsApp

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 20/06/2021 07:15 WIB
Saat menelepon lewat WhatsApp, layar akan menampilkan status panggilan calling atau ringing. Berikut beda calling dan ringing pada WhatsApp. Saat menelepon lewat WhatsApp, layar akan menampilkan status panggilan calling atau ringing. Berikut beda calling dan ringing pada WhatsApp. (Ilustrasi Foto: Pixabay/E1N7E)
Jakarta, CNN Indonesia --

WhatsApp call salah satu fitur WhatsApp yang digemari pengguna. Para pengguna bisa menelepon pengguna lain tanpa membutuhkan pulsa alias gratis dan hanya perlu koneksi internet saja.

Nada dering panggilan masuk antara telepon reguler dengan telepon WhatsApp pun bisa dibedakan sehingga tidak membingungkan pemilik ponsel.

Sementara bagi penelepon, layar yang ditampilkan akan muncul status panggilan yakni calling dan ringing. Keduanya serupa tapi tak sama karena banyak pengguna yang tidak tahu perbedaan keduanya.


Perbedaan status calling dan ringing pada WhatsApp ini berkaitan dengan ketersediaan atau terhubungnya jaringan internet si penerima telepon. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut.

Beda Calling dan Ringing di WhatsApp

Ilustrasi WhatsApp. CNNIndonesia/Safir MakkiBeda Calling dan Ringing di WhatsApp (Ilustrasi Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)

Perbedaan Calling dan Ringing di panggilan WhatsApp terletak pada kondisi jaringan internet pengguna yang dituju.

Keterangan Calling (memanggil) artinya pengguna yang ditelepon sedang di luar jaringan alias tidak terhubung dengan koneksi internet, baik WiFi atau kuota.

Panggilan tetap dapat dilakukan dan nada dering tetap tersambung namun secara jaringan internet penerima panggilan tidak dapat meraih panggilan.

Saat ponsel penerima panggilan terhubung dengan koneksi internet, WhatsApp akan meninggalkan tanda berupa notifikasi panggilan tidak terjawab baik di pesan teks maupun di menu panggilan.

Sementara Ringing (berdering) artinya pengguna yang ditelpon terhubung dengan koneksi internet.

Pengguna yang ditelepon akan mendapatkan notifikasi berupa nada dering atau ponsel bergetar. Panggilan juga akan muncul pada tampilan layar.

Jika muncul panggilan berakhir maka besar kemungkinan penerima telepon tidak dapat menjawab telepon tersebut. Panggilan yang dijawab memiliki tanda berupa detik durasi telepon yang berjalan. Itulah perbedaan calling dan ringing pada WhatsApp.

(imb/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK