6 Bocoran Fitur Baru Whatsapp, Hadir 2 Bulan Lagi

eks, CNN Indonesia | Senin, 21/06/2021 11:55 WIB
Muncul bocoran 6 fitur baru Whatsapp yang disebut akan meluncur 2 bulan lagi. Ilustrasi. Muncul bocoran 6 fitur baru Whatsapp yang disebut akan meluncur 2 bulan lagi. (istockphoto/ stockcam)
Jakarta, CNN Indonesia --

Whatsapp disebut bakal meluncurkan sejumlah fitur baru dalam dua bulan mendatang.

Hal ini diungkap oleh akun pembocor fitur terbaru Whatsapp, WaBetaInfo.

Salah satu fitur yang akan diluncurkan sekitar Agustus itu adalah ekmampuan untuk mengakses Whatsapp di banyak perangkat sekaligus. Bahkan akun Whatsapp tetap bisa diakses meski perangkat utama tak mendapat koneksi internet aktif.


Pasalnya saat ini Whatsapp hanya bisa diakses di perangkat lain hanya jika perangkat utama mendapat akses internet dan ada di dekat perangkat lain.

"Untuk memastikan produk yang bagus, mungkin akan memakan waktu sedikit lebih lama, karena tanggal rilis dapat berubah selama pengembangan, tetapi mereka menargetkan selesai dalam dua bulan," seperti dikutip dari laman WABetaInfo

Berikut enam fitur yang akan diluncurkan:

  1. Menghubungkan perangkat tanpa koneksi internet aktif di perangkat utama.
  2. Menghubungkan hingga empat perangkat sekaligus di satu akun Whatsapp. Fitur ini sudak dikonfirmasi oleh Kepala Whatsapp Will Cathcart kepada WABetaInfo.
  3. Whatsapp menambahkan fitur untuk memudahkan migrasi pesan antara ponsel iOS dan Android. Sebab, saat ini pengguna Whatsapp dari iOS tak bisa mentrasfer pesan yang mereka terima jika berganti ponsel ke Android. Begitu juga sebaliknya. Namun, Whatsapp mengharuskan untuk memperbarui apliaksi sebelum migrasi.
  4. Fitur multi perangkat akan dirilis terlebih dulu untuk pengguna beta dan tersedia sebagai pilihan opsional.
  5. Pengguna bisa melakukan panggilan suara dan telepon pada perangkat yang berbeda. Saat ini panggilan telepon dan suara hanya bisa dilakukan di perangkat utama saja.
  6. Pengguna tak bisa mengirim pesan atau melakukan panggilan kepada pengguna lain yang belum melakukan pembaruan aplikasi atau menggunakan Whatsapp versi lawas.

Berdasarkan laporan, fitur multi perangkat pertama-tama bakal bisa digunakan untuk Whatsapp Web, Whatsapp Desktop, dan Portal.

Dengan fitur multiperangkat, aplikasi Whatsapp tetap bisa diakses di tiga platform ini meski ponsel utama tidak terhubung dengan internet. Sementara fitur untuk menghubungkan ponsel berbeda sistem operasi belum bisa dilakukan.

Whatsapp memperingatkan lantaran fitur ini masih dalam tahap uji coba, kemungkinan kualitas panggilan bakal terpengaruh. Namun, masalah ini kemungkinan akan diperbaiki sebelum fitur tersebut dirilis ke seluruh pengguna.

Tersedia juga pilihan untuk log out pada perangkat lain yang terhubung dengan perangkat utama.

Sebelumnya, WABetaInfo juga membocorkan sejumlah fitur yang dikembangkan Whatsapp dalam pembicaraan dengan Catchcart dan Mark Zuckerberg. Berdasarkan pembicaraan itu, Whatsapp bakal meluncurkan fitur "view once" dalam rilisan terbaru yang akan datang.

Dalam wawancara itu, Zuck menyebut fitur multiperangkat ini akan memdahkan pengguna agar tetap bisa menggunakan Whatsapp sekalipun ponsel mati karena kehabisan baterai.

"Ini merupakan tantangan teknis yang sulit untuk memastikan semua pesan dan konten Anda tersinkronisasi dengan benar di seluruh perangkat bahkan ketika baterai ponsel Anda mati, tetapi kami telah memecahkan masalah ini dan kami berharap untuk segera meluncurkannya!" jelas Zuck, seperti dikutip The Verge

Fitur itu memungkinkan pengguna untuk mengirimkan konten yang bisa dihapus secara otomatis, usai dilihat satu kali oleh penerima pesan.Meski begitu, WhatsApp enggan mengkonfirmasi bahwa WhatsApp memiliki aplikasi iPad yang sedang dalam pengembangan, tapi menjelaskan bahwa dukungan multi-device akan memungkinkan WhatsApp di iPad.

(eks)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK