Daihatsu Jelaskan Alasan Inden Rocky Lebih Cepat dari Raize

CNN Indonesia | Senin, 21/06/2021 19:04 WIB
Toyota menargetkan penjualan Raize lebih besar ketimbang Daihatsu Rocky, hal ini berpengaruh pada produksi yang belum sanggup memenuhi. Daihatsu Rocky. (CNN Indonesia/Febri Ardani)
Jakarta, CNN Indonesia --

Astra Daihatsu Motor (ADM) menjelaskan mengapa inden Toyota Raize lebih panjang ketimbang Daihatsu Rocky meski keduanya diproduksi di pabrik yang sama.

Raize dan Rocky yang meluncur pada akhir April diproduksi di pabrik Daihatsu di Karawang, Jawa Barat. Raize saat ini statusnya inden mulai 2 bulan, sedangkan Rocky berkisar 1,5 - 2 bulan.

Direktur Pemasaran ADM Amelia Tjandra menjelaskan inden Raize lebih panjang karena target penjualannya lebih tinggi daripada Rocky. Hal ini berdampak pada jadwal produksi di pabrik yang belum sanggup memenuhi seluruh permintaan.


"Ada perbedaan target konsumen dan relasi varian. Target kami [Rocky] yang 1.000 cc itu 500 unit saja [per bulan], sementara Toyota lebih besar. Untuk varian 1.200 cc, Daihatsu itu 1.500 unit, sehingga total target untuk Rocky 2.000 unit," kata Amelia.

ADM dipahami memprediksi penjualan Rocky varian mesin 1.200 cc lebih besar daripada 1.000 cc turbo, namun Toyota menerapkan strategi kebalikannya. Toyota Astra Motor diketahui menargetkan penjualan Raize 1.000 cc turbo sebanyak 2.000 unit per bulan, lebih besar dari varian 1.200 cc.

"Karena target kami lebih sedikit tentu inden pendek," ucap Amelia.

Toyota Raize.Toyota Raize. (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)

Target penjualan berhubungan dengan permintaan produksi di pabrik Karawang. ADM pernah menjelaskan total produksi pada April dan Mei untuk Rocky dan Raize hanya sekitar 2.800 unit yang dibagi nyaris 1.200 unit Rocky dan sekitar 1.600 unit Raize.

Volume produksi itu belum sanggup memenuhi seluruh permintaan saat ini yang terus berdatangan dan menumpuk, sehingga inden Raize mengular bahkan sempat disebut sampai sembilan bulan. Surat Pemesanan Kendaraan Raize saat ini sekitar 6.100 unit. 

Kendati demikian, Amelia meyakini produksi bakal mengimbangi permintaan karena berbagai hal sudah dipersiapkan terutama menyambut peluncuran Rocky dan Raize 1.200 cc yang dilakukan pada 17 Juni.

"Kami percaya produksi akan mengimbangi demand karena sudah menyiapkannya lebih baik dari bulan-bulan sebelumnya," ujar Amelia.

(fea/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK