Facebook Bakal Rilis Fitur Podcast 22 Juni

CNN Indonesia | Senin, 21/06/2021 19:44 WIB
Facebook sudah mulai mengirimkan pemberitahuan via email kepada beberapa penggunanya yang akan menambahkan layanan Podcast di Facebook. Ilustrasi podcast milik facebook. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Facebook berencana meluncurkan fitur layanan podcast pada 22 Juni. Selain itu akan ada fitur tambahan yang memungkinkan pendengar membuat klip dari acara favorit mereka.

Facebook sudah mulai mengirimkan pemberitahuan via email kepada beberapa penggunanya yang akan menambahkan layanan Podcast di Facebook. Nantinya host dapat menautkan umpan RSS acara mereka ke Facebook. Kemudian secara otomatis menghasilkan postingan untuk semua episode baru yang akan diterbitkan ke depannya.

"Facebook akan menjadi tempat di mana orang dapat menikmati, berdiskusi, dan berbagi podcast yang mereka sukai satu sama lain," kata perusahaan dalam email ini mengutip The Verge, Senin (21/6).


Podnews sebelumnya sempat menyebutkan bila perilisan akan dilakukan awal Juni 2021. Saat itu, Facebook mengonfirmasi sejumlah pemilik halaman akan memiliki akses terbatas, namun tetap memungkinkan bila peluncuran fitur ini akan lebih masif.

Facebook juga punya persyaratan bakal pengguna yang ingin menjadi seorang podcaster.

Dijelaskan akan ada perjanjian yang relatif standar, namun tidak ada batasan jelas tentang apa yang sebenarnya dapat dilakukan Facebook dengan podcast yang didistribusikan pada platformnya.

Misalnya, ini memberikan hak kepada Facebook membuat karya turunan, yang mungkin diperlukan untuk mendistribusikan acara dalam format tertentu, tetapi juga dapat memperingatkan podcaster dan melindungi IP mereka.

Seiring dengan opsi untuk mendistribusikan acara mereka melalui Facebook, podcaster dapat memutuskan apakah akan mengaktifkan klip, yang menurut perusahaan akan dibuat oleh pendengar dan berdurasi hingga satu menit.

Klip durasi pendek telah menjadi cara utama bagi streamer Twitch untuk berbagi momen dari streaming panjang. Sedangkan Facebook tampaknya berharap ide yang sama dapat diterapkan pada podcast dikutip dari Gadgets.

Tidak jelas bagaimana Facebook menentukan halaman mana yang menjadi milik podcaster.

Dengan podcast, Facebook tampaknya mengandalkan fakta bahwa podcaster sudah menggunakan platform untuk mendorong percakapan dengan pendengar mereka dan untuk mempromosikan acara.

Mempublikasikan secara langsung ke platform mungkin memudahkan mereka mencapai tujuan itu sekaligus memberi orang alasan untuk tidak pernah meninggalkan Facebook.

Mungkin juga Facebook melihat potensi iklan podcast yang menjadi fokus Spotify saat meluncurkan acara eksklusif dan jaringan iklannya sendiri.

(ryh/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK