Lima Aplikasi Disebut Mirip Clubhouse

CNN Indonesia | Rabu, 03/03/2021 06:24 WIB
Ada banyak aplikasi media sosial buat orang-orang terpilih mirip dengan Clubhouse yang bisa dengan graris digunakan. Aplikasi alternatif selain Clubhouse. (AFP/ODD ANDERSEN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Aplikasi Clubhouse menjadi sangat populer dan telah mengumpulkan lebih dari jutaan juta pengguna dalam beberapa bulan terakhir. Clubhouse dinilai telah memperkenalkan dimensi baru media sosial karena pengguna dapat berinteraksi dengan pengguna lain melalui suara.

Clubhouse menghubungkan penggunanya dengan orang lain di berbagai ruang mulai dari seni, teknologi, olahraga, dan lainnya. Pengguna berkumpul dalam pengaturan panel virtual sambil mendengarkan orang lain berbicara tentang topik yang sedang dibahas dan pendengar dapat memperoleh kesempatan untuk berbicara dengan panelis.

Namun, ternyata ada banyak aplikasi mirip dengan Clubhouse yang bisa Anda coba.


1. Twitter Spaces

Melansir Bustle, Twitter diketahui telah meluncurkan fitur baru yang masih dalam versi beta bernama Audio Spaces. Seperti Clubhouse, Audio Spaces akan memungkinkan pengguna memasuki ruang virtual tempat untuk terhubung secara audio dengan pengikutnya atau mengizinkan mereka untuk mendengarkan.

Pengguna dapat memeriksa halaman Twitter Audio Space untuk mengetahui pembaruan tentang fitur itu, serta mendaftar untuk menjadi bagian dari beberapa grup pengujian beta.

2. Wavve

Wavve dibuat khusus untuk mereka yang bekerja di bidang audio, mulai dari musisi hingga podcaster. Namun, aplikasi itu juga dapat digunakan untuk meningkatkan jaringan.

Wavve diklaim sangat bagus untuk mempromosikan podcast atau memberikan cuplikan khusus untuk membantu menyebarkan berita. Wavve memungkinkan pengguna menggunakan suara untuk mempromosikan pekerjaannya dengan lebih baik di aplikasi seperti Twitter, Instagram, dan Facebook.

Dengan berbagai format audio dan video yang kompatibel dengan aplikasi sosial saat ini, pengguna dapat mengupload konten audio agar sesuai dengan tampilan di mana pun tempat pengguna berbagi.

Meskipun tidak ada aplikasi langsung untuk diunduh, pengguna dapat menemukan Wavve di internet dan membuat konten audio sendiri agar dapat didengar orang lain.

3. Discord

Discord awalnya muncul sebagai aplikasi yang berguna untuk menghubungkan para gamer, tetapi baru-baru ini telah menyatakan bahwa mereka ingin lebih inklusif. Sama seperti Clubhouse, pengguna Discord dapat membuat ruang terpisah dengan topik apa pun yang disukai.

Pengguna kemudian dapat mengundang sesama anggota Discord ke ruang itu untuk berkomunikasi menggunakan teks atau suara. Pengguna juga dapat masuk dan kemudian diam-diam pergi di dalam sebuah ruang.

4. Leher

Melansir Beebom, Leher adalah aplikasi dari India yang bertujuan untuk menghadirkan pengalaman serupa seperti Clubhouse dan telah tersedia di Play Store sejak 2018. Leher memiliki dukungan untuk obrolan audio dan video.

Mirip dengan Clubhouse, pengguna bakal mendapat notifikasi yang untuk bergabung dengan grup tertentu dan mendengarkan percakapan.

Pengguna juga dapat mencari topik hingga tren favorit di Leher. Leher adalah tersedia untuk semua orang, tidak seperti Clubhouse yang saat ini hanya untuk undangan. Selain itu, Leher tersedia untuk Android dan iOS.

Pengguna juga dapat menciptakan ruang untuk orang-orang yang berpikiran sama yang memiliki minat dan ide yang sama.

5. Spoon

Spoon dinilai alternatif yang tepat untuk Clubhouse karena menghadirkan platform publik. Pengguna dapat masuk dan mendengarkan percakapan langsung.

Spoon diklaim telah digunakan oleh 30 juta pengguna. Dengan Spoon, pengguna dapat memulai streaming langsung audio sendiri atau memulai ruang musik, serta memulai sesi podcast dengan teman.

Dan tidak seperti Clubhouse, Spoon dapat dimonetisasi oleh pembuat konten. Spoon dinilai seperti YouTube versi audio. Selain itu, pengguna dapat menelusuri dan menjelajahi percakapan yang sedang populer, misalnya seputar musik, kehidupan sehari-hari, game, komedi, dan lainnya.

(jps/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK