7 Keunggulan Fitur Reels Instagram yang Bisa Dicoba di RI

CNN Indonesia | Kamis, 24/06/2021 03:37 WIB
Instagram Reels baru mulai tersedia untuk seluruh pengguna di Tanah Air dalam beberapa hari ke depan. Ilusrasi Reels Instagram yang bisa digunakan di Indonesia. (Foto: Dok. Instagram Indonesia)
Jakarta, CNN Indonesia --

Instagram secara resmi merilis fitur baru bernama Reels di Indonesia hari ini Rabu (23/6). Fitur pesaing TikTok ini memungkinkan pengguna Instagram membuat, membagikan, serta mengedit video durasi pendek yang dilengkapi audio dan musik.

Menurut Instagram Reels baru akan mulai tersedia kepada seluruh pengguna di Tanah Air dalam beberapa hari ke depan. Selain Reels, aplikasi ini juga memperkenalkan rangkaian fitur baru lainnya yakni Musik pada Facebook dan Instagram.

"Kami sangat senang dapat membawa Reels ke Indonesia. Instagram selalu berupaya untuk mendengarkan aspirasi para kreator dan penggunanya," kata Pieter Lydian, Country Director untuk Facebook di Indonesia dalam keterangan tertulisnya, Rabu (23/6).


Ada sejumlah fitur unggulan pada Reels Instagram.

Pertama, Remix yang memudahkan pengguna membuat video Reel versi mereka sendiri dan menyatukannya dengan Reel yang sudah ada. Pengguna dapat membuat kreasi video kolaborasi, membagikan reaksi wajah, menambahkan perspektif, maupun konten lainnya di Reels.

Kedua, untuk memberikan kesempatan lebih bagi para pengguna dalam mengelola suara atau menambahkan audio ke dalam Reels mereka, Instagram meluncurkan fitur Voiceover (Alih Suara) yang memungkinkan pengguna menambahkan suara mereka ke dalam Reels, dan Mixed Audio (Padukan Suara) yang membuat pengguna menambahkan suara disertai lagu latar belakang.

Ketiga, Tab Reels untuk memberikan panggung lebih besar bagi para kreator dalam membagikan video mereka dan memudahkan audiens global untuk menemukan konten mereka yang dibuat.

Keempat, terdapat kemampuan menyimpan suara pada fitur editing, fitur Share Audio Pages (Bagikan Halaman Audio) agar pengguna dapat membagikan seluruh Reels yang menggunakan bagian spesifik dari sebuah lagu melalui DM, dan Audio Browser untuk menemukan musik dari tab For You dan Trending.

Kelima, ada efek AR yang membantu mempercantik konten Reels pengguna. Pengguna dapat memilih untuk menggunakan filter menyenangkan dari Instagram atau mencari filter favorit mereka di "Cari Efek". Kemudian menggunakannya untuk membuat konten Reels yang lebih menarik bagi audiens.

Keenam, Instagram telah memperpanjang durasi Reels hingga 30 detik, menambahkan pengaturan timer hingga 10 detik, dan memperkenalkan kemampuan untuk memotong atau mengedit klip video.

Ketujuh, peluncuran tag Branded Content (Konten Bermerek) di Reels sehingga kreator dapat menginformasikan konten hasil kerja sama dengan sebuah brand secara transparan.

"Pengguna datang ke Facebook dan Instagram untuk mengekspresikan diri dan mencari konten menghibur. Kami ingin membawa musik sebagai bagian dari bagaimana pengguna membagikan momen, terhubung dengan komunitas, dan mengekspresikan diri," ucap Revie Sylviana, Direktur Kemitraan Konten Hiburan untuk Facebook di Indonesia.

(ryh/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK