Cara Menghapus Akun Instagram secara Permanen

Tim, CNN Indonesia | Senin, 19/07/2021 18:12 WIB
Jika menghapus akun maka semua foto, komentar, pengikut, dan lainnya akan turut hilang. Berikut cara menghapus akun Instagram secara permanen. Jika menghapus akun maka semua foto, komentar, pengikut, dan lainnya akan turut hilang. Berikut cara menghapus akun Instagram secara permanen. (Ilustrasi Foto: YashilG/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Media sosial seperti Instagram bersifat tanpa batas. Artinya apa yang Anda posting menjadi konsumsi publik. Hilangnya privasi membuat beberapa besar orang merasa tidak nyaman.

Ada dua cara untuk rehat dari media sosial Instagram, pertama menutup akun sementara dan kedua menghapus akun Instagram secara permanen.

Melansir laman Instagram, jika menghapus akun maka semua foto, komentar, pengikut, dan lainnya akan turut hilang.



Cara Menghapus Akun Instagram Permanen

Ilustrasi InstagramCara Menghapus Akun Instagram Permanen (Foto: Unsplash/Pixabay)

Penghapusan akun hanya dapat dilakukan oleh pemilik akun asli. Instagram menyarankan untuk mengunduh Salinan informasi akun Anda sebelum menghapusnya. Berikut panduan menghapus akun Instagram.

  1. Buka dan Login Instagram Anda dari komputer
  2. Pilih opsi dari menu pilihan yang terdapat di samping "Mengapa Anda menghapus akun Anda?"
  3. Masukkan kata sandi
  4. Klik atau ketuk opsi "Hapus".

Sebagai catatan, untuk menghapus akun Instagram sayangnya tidak dapat dilakukan dari aplikasi. Anda harus melakukan login Instagram dari browser seluler atau komputer.

Kemudian, opsi hapus akun hanya muncul jika Anda memilih opsi "Mengapa Anda menghapus akun Anda?".

Cara menghapus akun Instagram lain juga hanya perlu mengulangi langkah-langkah di atas. Setelah 30 hari terhitung saat Anda mengajukan penghapusan akun, maka data Anda akan dihapus permanen dari database Instagram dan mustahil dipulihkan.

Selama masa 30 hari tersebut konten tetap mengikuti aturan Ketentuan Penggunaan dan Kebijakan Data Instagram yang juga tidak dapat diakses oleh pengguna Instagram lain. Proses penghapusan data memakan waktu 90 hari setelah diajukan.

Setelah 90 hari, salinan informasi mungkin masih tersimpan di penyimpanan cadangan Instagram. Salinan tersebut dibutuhkan untuk memulihkan jika terjadi bencana, kerusakan perangkat lunak, atau kehilangan data lainnya.

Instagram menyimpan informasi tersebut untuk keperluan masalah hukum, pelanggaran ketentuan, atau upaya pencegahan bahaya.

(imb/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK