3 Golongan SIM C Berlaku Agustus, Ada Kelonggaran buat Moge

CNN Indonesia | Selasa, 13/07/2021 16:15 WIB
Korlantas Polri memberikan dispensasi untuk pengendara moge mengingat pembuatan SIM CII butuh waktu setidaknya mulai 2022. Ilustrasi SIM C. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Penggolongan Surat Izin Mengemudi (SIM) C untuk pengendara sepeda motor menjadi tiga jenis ditargetkan Korlantas Polri dimulai pada Agustus. Namun dalam tahap awal, masyarakat cuma bisa membuat SIM CI jika ingin naik golongan menjadi pengendara motor bermesin 250 cc- 500 cc.

Menurut kepolisian masyarakat memang tidak bisa langsung memperoleh SIM CII (untuk pengendara motor mesin 500 cc ke atas) sebab menyesuaikan pada regulasi, yakni Peraturan Kepolisian Nomor 5 Tahun 2021.

Pada aturan itu diketahui masyarakat yang hendak bikin SIM CII harus terlebih dahulu punya SIM C selama satu tahun, baru kemudian membuat SIM CI dan digunakan setahun, berikutnya baru dapat membuat SIM CII.


Kasi Standar Pengemudi Subdit SIM Ditregident Korlantas Ajun Komisaris Besar Arief Budiman memaparkan pihaknya baru dapat menerapkan Agustus untuk penggolongan SIM sebab melakukan persiapan terlebih dahulu dan sosialisasi pada masyarakat. Hal tersebut dilakukan sedikitnya enam bulan usai peraturan baru itu terbit pada Februari.

"Selain kami menyosialisasikan kepada masyarakat, kami juga mempersiapkan sarana prasarana bagi petugas yang ada di Satpas. Sehingga memang target kami bulan Agustus aturan ini sudah bisa diimplementasikan," ucap Arief dalam akun NTMC, dikutip Selasa (13/10).

Arief mengatakan meski kini masyarakat baru dapat membuat SIM CI, namun pengendara moge 500 cc ke atas diberi dispensasi. Kelonggaran yang diberikan berupa masyarakat pemilik SIM CI tetap dapat motor meski kapasitas mesin di atas 500 cc.

"Ya artinya Agustus bisa diimplementasikan untuk naik golongan karena rata-rata pasti SIM C udah lebih dari setahun. Nah di 2022 ditingkatkan lagi ke C2, karena C1 mereka sudah setahun," kata dia.

Arief menambahkan SIM CII akan menjadi golongan paling tinggi bagi legalitas pesepeda motor di Indonesia. Sebab itu SIM CII akan berlaku buat seluruh jenis sepeda motor dari ukuran kecil, besar, bahkan sepeda motor listrik.

(ryh/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK