Bezos Mau Pecahkan Rekor ke Luar Angkasa Tanpa Pilot

CNN Indonesia | Sabtu, 17/07/2021 05:10 WIB
Jeff Bezos akan memecahkan rekor ke luar angkasa tanpa pilot pertama setelah gagal jadi milyuner pertama lantaran disalip Branson. Ilustrasi (REUTERS/Isaiah Downing)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jeff Bezos akan memecahkan rekor jadi yang pertama ke luar angkasa tanpa pilot dengan pesawat Blue Origin, setelah gelar milyuner pertama ke luar angkasa telah disalip oleh pesaingnya Richard Branson.

Bezos, mantan CEO Amazon.com, akan melakukan perjalanan ke suborbital dengan empat orang kru sipil lain. Perjalanan selama 11 menit itu akan mencapai batas tepi ruang angkasa menggunakan pesawat New Shepard buatan Blue Origin.

Selain itu, setidaknya penerbangan Bezos pun akan sedikit lebih tinggi dari Branson. Branson hanya mencapai ketinggian 85 kilometer dari permukaan Bumi, sementara Bezos akan terbang di ketinggian 100 kilometer.


Dia akan pergi bersama saudara laki-lakinya, penerbang wanita berusia 83 tahun Wally Funk, dan seorang remaja 18 tahun Oliver Daemen. Daemen disebut membayar untuk ikut dalam penerbangan ini. Namun, ia bukanlah penumpang misterius yang memenangkan lelang US$28 juta.

Pesawat besutan perusahaan Bezos itu dijadwalkan untuk meluncur dari situs peluncuran di Texas Barat pada Selasa (20/7).

New Shepard adalah pesawat berjenis kombo roket berbentuk kapsul setinggi 18,3 meter, yang dioperasikan dan sepenuhnya otonom.

Pesawat itu sepenuhnya tidak dapat dioperasikan dari dalam kabin. Personel yang ikut dalam penerbangan itu memang diatur hanya untuk warga sipil, dan tidak ada karyawan atau staf astronaut Blue Origin.

"Untuk melihat Bumi dari luar angkasa, itu mengubah Anda, itu mengubah hubungan Anda dengan planet ini, dengan umat manusia," kata Bezos dalam sebuah video bulan lalu saat membahas penerbangan itu.

Analis industri ruang angkasa Teal Group, Marco Caceres mengatakan kini belum pernah ada penerbangan suborbital atau orbital yang sepenuhnya otonom dengan semua awak sipil.

Kekhawatiran pada Pesawat Antariksa Otonom Blue Origin

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK