TIPS OTOMOTIF

Cara Gampang Rawat Motor di Rumah Selama PPKM Level 4

CNN Indonesia | Rabu, 21/07/2021 19:00 WIB
Pembatasan telah diperpanjang dengan kebijakan bernama PPKM Level 4, motor yang diam di rumah tetap butuh perhatian. Ilustrasi perawatan motor di rumah saat PPKM Level 4. (Getty Images/iStockphoto/nortonrsx)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah resmi memperpanjang masa pembatasan pergerakan masyarakat hingga 26 Juli 2021, namun istilah kebijakan ini diubah menjadi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, dari sebelumnya PPKM Darurat.

Masa perpanjangan ini sudah pasti membuat Anda semakin lama berada di rumah, begitu pula sepeda motor yang jadi tak bisa diajak wara-wiri. Meski jadi jarang digunakan, kuda besi yang parkir lama juga perlu perhatian dan perawatan.

Berikut tips buat Anda merawat motor di rumah selama PPKM Level 4, mengutip keterangan resmi Yamaha Indonesia.


Panaskan mesin

Mesin motor harus rutin dipanaskan agar gerak mesinnya bisa terjaga kelancarannya. Tak hanya itu, memanaskan mesin juga memicu pelumas bergerak melapisi semua bagian komponen mesin di setiap sela dan sisi.

Jika mesin dibiarkan mati terus menerus, pelumas atau olinya itu berpotensi mengendap.

Pemanasan mesin juga tak perlu lama-lama. Bisa dilakukan pagi selama kurang lebih tiga sampai lima menit.

Cek rantai

Selain mesin, hal yang harus Anda perhatikan bagian rantai motor untuk motor manual. Bagian ini sangat mudah sekali karatan, apalagi jika motor jarang digunakan seperti sekarang.

Untuk menghindarinya, pastikan rantai tidak kendor dan basah karena air. Jika terlihat kering, segera lapisi dengan pelumas supaya korosi pada rantai bisa dicegah.

Kuras tangki BBM

Saat Anda ingin menggunakan motor setelah sekian lama didiamkan, salah satu yang dilakukan yaitu menguras tangki bahan bakarnya. Hal ini supaya endapan bensin 'basi' yang ada di dalam tangki bisa dicegah.

Akan sangat bahaya jika bensin basi masuk ke sistem pembakaran. Fuel pump pada tangki motor kemungkinan besar akan mengalami kerusakan dan akhirnya kerja mesin menurun dan performa motor pun ikutan menurun.

Cabut aki

Jika berencana tidak menggunakan motor dalam jangka waktu lama, sebaiknya mencabut sambungan di terminal aki. Jika tidak, dikhawatirkan membuat aki soak sebab lama tidak diisi ulang apalagi bila mesin jarang dipanaskan.

(ryh/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK