LEGENDA OTOMOTIF

Hardtop FJ40, Identitas 'Mobil Penculik' Indonesia

CNN Indonesia | Jumat, 23/07/2021 20:58 WIB
Masyarakat Indonesia pada era 1980 hingga awal 2000 pasti tak asing dengan mobil jip Toyota yang biasa dikenal sebagai hardtop. Masyarakat Indonesia pada era 1980 hingga awal 2000 pasti tak asing dengan mobil jip Toyota yang biasa dikenal sebagai hardtop.(Jeremy via Wikimedia Commons (CC-BY-2.0)
Jakarta, CNN Indonesia --

Masyarakat Indonesia pada era 1980 hingga awal 2000 pasti tak asing dengan mobil jip Toyota yang biasa dikenal sebagai hardtop. Mobil ini identik biasa wara-wiri pada layar kaca terutama perfilman yang punya adegan kejahatan dan aksi.

Maka tidak heran hardtop lekat dengan istilah sebagai 'mobil penculik' bagi masyarakat Tanah Air.

Terlepas dari citra demikian, hardtop merupakan mobil legendaris yang pernah wara-wiri di Indonesia. Mobil ini bergaya jip dan memiliki keunggulan terkait kendalannya dalam melibas berbagai kontur jalan.

Hardtop merupakan nama lain dari Toyota Land Cruiser yang pertama kali rilis di Jepang pada 1951. Amerika Serikat yang disebur memesan langsung mobil ini pada pihak Toyota dan mengganti namanya dengan Jeep BJ.

Karena akan digunakan untuk kendaraan dalam perang, saat test driver Toyota, Ichiro Taira sampai harus mengendarai prototipe Jeep BJ ke tingkat enam Gunung Fuji. Pengetesan sekaligus membuat kendaraan itu menjadi mobil pertama yang berhasil sampai tingkat tersebut.

Lihat Juga :

Nama mobil ini baru berubah pada 1954 saat nama Land Cruiser dikenalkan Toyota secara resmi dan langsung memiliki kompetitor di Inggris, yaitu Land Rover. Keduanya lantas terus berkompetisi sebagai produk mobil jip hingga saat ini.

Seiring perkembangan, Toyota Land Cruiser juga memiliki kembaran, yakni Lexus LX sejak 1996. Sedangkan Toyota Land Cruiser seri FJ40 (hardtop) diluncurkan pada 1960 dan mengaspal hingga 1984 sebelum digantikan dengan generasi berikutnya.


Mulai Masuk Indonesia

Masuknya FJ40 ke Indonesia berawal dari rombongan pejabat militer Indonesia yang mengunjungi Jepang pada 1960. Saat itu mereka terpesona dengan mobil tersebut. Kala itu FJ40 merupakan kendaraan militer Jepang.

Pemerintah Indonesia akhirnya mengimpor mobil ini untuk kendaraan operasional Tentara Nasional Indonesia.

Saat itu, mobil ini terkenal dipakai oleh Resimen Tjakrabirawa, pasukan yang bertugas khusus menjaga keamanan Presiden RI pada zaman pemerintahan Soekarno. Sekarang pasukan ini lebih dikenal dengan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).



Diproduksi di Indonesia

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK