Meteor Jatuh di Norwegia, Bakar Langit Malam Mirip Siang Hari

fea, CNN Indonesia | Senin, 26/07/2021 11:42 WIB
Sejauh ini sisa pecahan meteor yang jatuh di langit Norwegia belum ditemukan, tidak ada laporan kerusakan atas fenomena ini. Ilustrasi meteor. (iStockphoto/ratpack223)
Jakarta, CNN Indonesia --

Meteor jatuh pada malam hari di selatan Norwegia dilaporkan membuat suara dan cahaya spektakuler. Warga yang berada dekat lokasi juga melaporkan merasakan gelombang kejut dan angin.

Steinar Midtskogen, juru bicara dari Norwegian Meteor Network, mengatakan meteor itu 'singkat menyalakan malam seperti siang hari' sekitar pukul 01.00 waktu setempat.

"Semenit kemudian atau lebih suara gemuruh dapat didengar di area besar, mungkin sampai 100 km dari lokasi meteor itu terlihat lurus di atas kepala," kata Midtskogen, dilansir dari CNN.


Dia juga mengatakan tidak ada kerusakan yang dilaporkan. Meski demikian kejadian itu disebut membuat pintu-pintu terbuka.

Midtskogen menjelaskan meteor tidak lazim di Norwegia. Norwegian Meteor Network dikatakan punya sejumlah kamera yang memonitor langit.

Analisis sementara berdasarkan bukti video dari kamera tersebut menunjukkan meteor jatuh di Lier, sekitar 24 kilometer dari Oslo.

"Kami belum tahu pasti saat ini ukuran meteor. Itu bisa jadi batu seberat beberapa kilogram, tetapi kita hanya bisa berharap sebagian kecil mencapai tanah," ujar Midtskogen.

Midtskogen menjelaskan dugaan kecepatan meteor sekitar 15 kilometer per detik. Pecahannya membuat kilat cahaya antara 25 - 35 kilometer di atas permukaan.

Sebelumnya ahli dari Norwegian Meteor Network yang lain, Morten Bilet, mengatakan kepada Reuters bahwa meteor itu kemungkinan berasal dari sabuk asteroid yang berada di antara Mars dan Jupiter.

(fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK