Yang Terjadi Jika Keluar dari Grup WhatsApp Dua Kali

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 30/07/2021 12:04 WIB
Satu kali keluar-masuk grup WhatsApp yang sama tak jadi masalah. Tapi, apa yang terjadi jika Anda keluar dari grup WhatsApp dua kali? Ilustrasi. Yang terjadi jika keluar grup WhatsApp dua kali adalah Anda tak bisa dengan mudah kembali masuk ke dalam grup yang sama. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dalam keadaan jengkel dan emosi, sering kali Anda secara gegabah keluar dari grup WhatsApp. Padahal, informasi yang ada di dalam grup masih dibutuhkan.

Apa lacur, Anda kemudian meminta admin untuk kembali mengundang Anda ke dalam grup. Satu kali keluar-masuk grup tak jadi masalah. Tapi, apa yang terjadi jika keluar dari grup WhatsApp dua kali?

Keberadaan fitur grup WhatsApp pada dasarnya mempermudah seseorang untuk memberikan atau menjangkau informasi. Di dalam grup, informasi disebar dan dijangkau dengan mudah.


Setiap pengguna WhatsApp umumnya tergabung ke dalam lebih dari satu grup. Mulai dari grup teman, pekerjaan, hingga keluarga besar.

Sayangnya, tak semua grup digunakan dengan sebagaimana mestinya. Alih-alih berbagi informasi penting, grup malah kerap kali dipenuhi oleh pesan-pesan yang mengganggu. Tak heran jika banyak pengguna WhatsApp yang keluar dari grup dengan gegabah.

Ilustrasi WhatsappIlustrasi. Yang terjadi jika keluar dari grup WhatsApp dua kali adalah Anda tak bisa dengan mudah kembali bergabung ke dalam grup. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Tak perlu khawatir jika Anda menyesal dan ingin kembali bergabung dengan grup. Anda hanya perlu meminta admin untuk kembali mengundang Anda ke dalam grup.

Jika Anda adalah admin, maka anggota grup akan dipilih secara acak untuk menjadi admin baru. Anda dapat meminta admin baru untuk mengundang Anda masuk ke dalam grup.

Satu kali keluar grup masih bisa membuat Anda kembali bergabung di dalam grup. Namun, hal yang sama tak akan berlaku jika Anda telah dua kali keluar dari grup yang sama.

Yang terjadi jika keluar dari grup WhatsApp dua kali adalah Anda harus menunggu 24 jam sebelum admin dapat mengundang Anda kembali.

Artinya, Anda tak bisa dengan mudah langsung kembali bergabung ke dalam grup. Menukil laman WhatsApp, admin hanya diperbolehkan mengundang Anda atau pengguna yang telah keluar dua kali, dalam waktu 24 jam setelah Anda keluar.

Semakin sering Anda keluar dari grup, semakin lama waktu tunggu yang diperlukan untuk kembali bergabung. Maksimal, WhatsApp memberikan waktu tunggu hingga 81 hari.

Fitur tunggu ini dikembangkan WhatsApp beberapa tahun lalu. Fitur ini dikembangkan sebagai proteksi untuk mempersulit admin dalam menambahkan nomor yang sudah keluar grup sebanyak dua kali.

Ilustrasi Whatsapp. CNN Indonesia/Bisma SeptalismaIlustrasi. Ada hal yang terjadi jika keluar dari grup WhatsApp dua kali, yakni Anda tak bisa kembali bergabung dengan grup secara langsung. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)

Peraturan ini muncul lantaran admin grup WhatsApp punya kebebasan untuk memasukkan siapa pun tanpa persetujuan anggota. Hal ini kerap membuat admin jadi seenaknya mengundang pengguna.

WhatsApp menilai hal ini menyalahi hak pengguna. Alhasil, peraturan ini pun muncul, yang baru mempersilakan admin mengundang kembali pengguna yang telah keluar dua kali untuk bergabung dalam waktu 24 jam setelah pengguna keluar.

Untuk menghindari hal-hal yang terjadi jika keluar dari grup WhatsApp dua kali, Anda disarankan untuk tidak gegabah dengan keputusan keluar dari grup. Bagaimana pun, grup WhatsApp dibuat untuk mempermudah informasi.

(asr/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK