Wuling Mini EV Setir Kiri Diduga Sudah Mendarat di Indonesia

fea, CNN Indonesia | Rabu, 28/07/2021 10:50 WIB
Sebuah video memperlihatkan Wuling Mini EV sudah berada di Indonesia, namun model ini masih setir kiri yang kemungkinan tak akan dijual. Wuling Hong Guang Mini EV. (media.gm.com/oldface.chen)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mobil listrik terlaris di China, Wuling Hong Guang Mini EV, diduga sudah mendarat di Indonesia. Sebuah video di media sosial memperlihatkan penampakan unitnya yang kemungkinan sedang menjalani proses impor atau distribusi.

Video 4 menit 33 detik itu diunggah oleh akun Lukman Avengers di Youtube pada Senin (26/7). Sebelumnya akun yang sama juga mengunggah video serupa namun berdurasi lebih singkat pada 22 Juli.

Wuling Hong Guang Mini EV.Wuling Hong Guang Mini EV (media.gm.com/oldface.chen)

Di video yang lebih panjang memperlihatkan salah satu unit berwarna kuning varian teratas Mini EV, yakni Macaron, yang sudah diluncurkan pada April lalu di China.


Berdasarkan berkas yang ditempel di kaca depan, terlihat salah satu unit dikirim dari Pelabuhan Xinsha di China. Tampak pula model ini bernama E50 EV dengan VIN LK6ADAE18MB283766

Mobil ini seberat 700 kg dengan dimensi panjang 2.920 mm, lebar 1.493 mm, dan tinggi 1.621 mm. Unit yang lain terlihat berwarna biru dan merah muda (pink).

"Ini setirnya ada di sebelah kiri," kata seorang pria di dalam video usia masuk ke kabin.

Unit setir kiri seperti ini kemungkinan bukan barang yang akan dijual di dalam negeri. Kehadirannya bisa jadi hanya sebagai unit pameran untuk diperkenalkan ke publik di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS).

Pada Agustus 2018 di GIIAS, SGMW Motor Indonesia, pemegang merek Wuling di dalam negeri, pernah membawa mobil impor China, Almaz, yang saat itu dinamakan 'Wuling SUV', sebagai barang pameran.

Lantas pada Januari 2019, SGMW meluncurkan Almaz setir kanan yang sudah diproduksi lokal di Indonesia.

Jika untuk dipamerkan di GIIAS 2021, maka publik mesti menunggu lebih lama, pasalnya jadwal GIIAS telah diundur ke 11-21 November imbas kebijakan pembatasan dari pemerintah.

Pria dalam video itu juga sempat menyalakan mobil, lantas layar dasbor menayangkan gambar sambutan bertuliskan 'Wuling'. Lalu dia juga mengemudikannya sebentar mengarah ke truk pengangkut yang mengindikasikan mobil ini bakal didistribusikan ke lokasi lain.

Pihak SGMW Motor Indonesia yang dimintai komentar terkait video ini belum menanggapi hingga sekarang.

Mini EV adalah mobil listrik kotak dengan empat tempat duduk yang mampu mengangkut dua orang dewasa dan dua orang anak kecil. Jika tak ada penumpang anak kecil, jok belakang dapat dilipat buat ruang bagasi.

Mini EV meluncur pada 24 Juli 2020, mobil ini memiliki tenaga 20 kW dan torsi maksimum 85 Nm. Kecepatan maksimumnya 100 kilometer per jam dan sanggup dikendarai 170 km menggunakan baterai terisi penuh.

[Gambas:Youtube]

(fea)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK