Anies Respons Meme Makan di Warteg, Netizen Singgung Jokowi

CNN Indonesia | Rabu, 28/07/2021 11:50 WIB
Netizen bereaksi usai Anies respons meme makan di warteg 20 menit, salah satunya membandingkan dengan kasus Jokowi dan BEM UI. Ilustrasi Anies dan Jokowi. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menanggapi fotonya yang dijadikan meme aturan durasi makan di warung tegal atau warteg selama 20 menit pada PPKM level 4. Reaksi Anies itu berhasil mengundang reaksi netizen.

Sebelumnya aturan durasi makan di rumah makan diatur oleh presiden Joko Widodo, dengan durasi maksimal 20 menit, direspons oleh warganet dengan berbagai meme, salah satunya foto Anies yang disunting saat tengah makan di warung makan.

Sebuah meme yang disunting oleh akun Twitter @alpokatmentega itu menuliskan bahwa waktu untuk menghabiskan makanan sisa 9 menit 8 detik.

Lantas Anies mengomentari postingan yang memampang foto dirinya itu. Ia mengaku "Bisa! Insya Allah."

Komentar Anies lantas dibanjiri komentar warganet, salah satunya @rafifnaufalb. Ia mengaitkan meme itu dengan kasus BEM UI yang juga membuat meme yang menyebut Jokowi sebagai King of Lip Service. Kala itu Presiden Joko Widodo langsung bereaksi dan mengingatkan budaya tata krama.


"Hahaha dibales dong, sip gak baper dibikin meme candaan, jadi inget kasus meme bem UI," ujarnya, Rabu (28/7).

Tak hanya itu, ada juga netizen yang menampilkan Jokowi sedang makan di sebuah rumah makan.

Dengan reaksi Anies yang menyatakan bahwa bisa menghabiskan makanan dengan waktu 9 menit 8 detik, warganet menyarankan untuk tidak memesan lauk jenis ikan. Hal itu disebutnya dapat memakan waktu saat memakannya.

"Saran saya saja pak, jangan memesan ikan jenis apapun di warteg manapun. Akan memakan banyak waktu soalnya pak, bakalan sibuk sama tulangnya," ujar @muhamaadam.

Tidak mau ketinggalan, sosok ibu-ibu pun turut mengomentari postingan Anies. Akun @april_hamsa menyebut bahwa emak-emak yang memiliki bayi bisa menghabiskan makanan lebih cepat dari durasi yang dituliskan meme tersebut, yaitu dalam waktu 5 menit.

"Emak-emak yang punya bayi bisa makan dalam 5 menit," tuturnya

Selain itu ada pula warganet yang menanyakan apakah penghitungan durasi makan dapat berlaku serupa dengan penghitungan durasi ketika berolahraga futsal.

"Pak kalo makannya seret terus minum, waktunya boleh di stop dulu ga pak? kaya kalo bola out pas lagi maen futsal," kata @denzaif.

Sebelumnya Jokowi menyinggung tata krama saat merespons label king of lip service dari BEM UI. Menurutnya, kritik boleh saja dilakukan karena Indonesia negara demokrasi. Namun, ia mengingatkan ada norma sopan santun yang juga berlaku di masyarakat Indonesia.

"Universitas tidak perlu menghalangi mahasiswa untuk berekspresi, tapi juga ingat kita ini memiliki budaya tata krama, budaya kesopansantunan," kata Jokowi, disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (29/6).



(can/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK