Spesifikasi Wuling MINI EV yang Mendarat di Indonesia

CNN Indonesia | Kamis, 29/07/2021 19:29 WIB
Spesifikasi Wuling MINI EV, mobil listrik murah di bawah Rp100 juta, yang mendarat di Indonesia. Spesifikasi Wuling MINI EV, mobil listrik murah di bawah Rp100 juta, yang mendarat di Indonesia. (media.gm.com/oldface.chen)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mobil listrik Wuling yang menjadi model terlaris di China, Hong Guang MINI EV, diduga sudah didatangkan dan mendarat di Tanah Air.

Wujud mobil tersebut pertama terungkap melalui sebuah video di media sosial yang memperlihatkan penampakan MINI EV berstir kiri. Video itu diunggah pada akun Youtube, Lukman Avengers.

MINI EV merupakan mobil berbentuk kotak dan memiliki berat 665 kg dengan dimensi kecil atau sepanjang 2.920 mm, lebar 1.493 mm, dan tinggi 1.621 mm. Menurut Top Gear, mobil ini juga merupakan salah satu mobil listrik yang memiliki ukuran kecil, sesuai namanya, MINI.


Terlepas dari itu mobil ini tetap menyuguhkan ruang penyimpanan atau bagasi sebesar 741 liter ketika bangku belakang dilipat. Di dalam juga tersedia 12 kompartemen penyimpanan.

Berikutnya mobil ini memiliki sistem kelistrikan yang dapat menyemburkan tenaga 17 hp dan torsi 85 nm. Sedangkan kecepatan maksimal dapat mencapai 100 km per jam.

Mobil ini juga dilengkapi berbagai fitur keselamatan, salah satunya pengereman antilock braking system (ABS), seperti mengutip Top Gear.

Dalam catatan perusahaan, Hong Guang Mini EV bisa melaju hingga 170 kilometer dalam satu pengisian baterai. Baterai mobil dapat diisi melalui outlet daya bertegangan 240V. Pengguna bisa mengawasi pengisian baterai dari jarak jauh. 

Saat ini ada tiga varian yang diperkenalkan dengan harga mulai 28.800 yuan hingga 38.800 yuan (sekitar Rp64,1 juta sampai Rp86,4 juta).

Wuling juga sudah merilis varian teratas yaitu Hong Guang Mini EV Macaron dengan sejumlah fitur tambahan. Harga varian atas ini sekitar 37.600 yuan - 43.600 yuan (sekitar Rp83,7 juta - Rp97,1 juta).

Sejauh ini belum bisa dipastikan apakah MINI EV akan dipasarkan di Tanah Air atau tidak. Namun diduga kehadirannya kali ini untuk melengkapi pameran Wuling pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang sebelumnya akan digelar pada Agustus 2021.

GIIAS kemudian diundur dengan waktu yang belum ditentukan akibat pandemi corona (Covid-19).

Wuling Hong Guang Mini EV adalah mobil listrik yang sangat laris di China, bahkan sudah melebihi mobil-mobil Tesla. Faktor yang membuatnya penjualannya meledak adalah harga murah, bahkan di bawah banderol produk Low Cost Green Car (LCGC) di Indonesia.

Pasalnya, Mobil termurah di Indonesia saat ini sudah tidak ada lagi yang di bawah Rp100 juta, mengingat banderol produk LCGC selalu disesuaikan saban tahun. Saat ini mobil paling murah di dalam negeri adalah Daihatsu Ayla 1.0 D M/T Rp103 juta dengan pelek kaleng dan tidak punya AC serta head unit.

(ryh/eks)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK