LAPAN Ungkap Dugaan UFO Atas Benda Asing di Langit Bandung

CNN Indonesia | Jumat, 30/07/2021 11:22 WIB
LAPAN menjawab benda asing yang tampak melayang di langit Bandung, Kamis (29/7) sebagai balon alih-alih dugaan UFO. Ilustrasi. (dok. Eka Santhika)
Jakarta, CNN Indonesia --

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menjelaskan soal dugaan benda asing yang terlihat di langit Bandung merupakan UFO (unidentified flying object/ benda terbang yang tak teridentifikasi).

Menurut Peneliti Sains Antariksa LAPAN Abdul Rachman menyebut benda asing itu sebagai UFO bisa sangat kontekstual. Sebab, berdasarkan arti harafiah UFO, maka semua benda terbang yang tak dikenal bisa disebut UFO.

"Saya bukan pemerhati UFO, tapi dari bahasa saja bisa kita reka bahwa definisinya adalah semua benda terbang/melayang/mengorbit yang tidak diketahui identitasnya...Kalau sekedar menggunakan arti bahasa dari UFO maka benda-benda yg terlihat kemarin itu ya memang UFO (benda yang tak dikenali) karena mereka tidak tahu," jelasnya saat dihubungi, Jumat (30/7).


Sehingga, menurut Abdul penggunaan kata UFO sangat subjektif. Bisa jadi buat seseorang yang menerbangkan sesuatu ke antariksa, benda itu bukan UFO karena ia memang mengetahui benda itu. Tapi, buat orang lain yang melihat dan tak mengenal benda itu, bisa menyebutnya sebagai UFO.

Lebih lanjut, Abdul menjelaskan hingga saat ini belum ditemukan bukti yang benar-benar meyakinkan bahwa UFO yang terkait dengan pesawat alien atau makhluk luar bumi dengan intelegensia tinggi memang benar ada.

Selain itu, menurutnya informasi berupa rekaman video mengenai benda asing yang tampak di langit Bandung itu sangat terbatas. Namun ia memastikan hal itu bukanlah peristiwa antariksa yang terjadi di langit dengan ketinggian lebih dari 100 kilometer.

"Tapi dari video itu nampaknya ini bukan fenomena di antariksa. Saya kira cukup besar kemungkinan bhw ini adalah sekumpulan balon," jelasnya lagi.

"Andai saja video itu lebih lama durasinya, mungkin akan terlihat bahwa benda-benda tersebut cenderung bergerak agak acak, seperti sekumpulan balon yang tertiup angin," tandasnya.

Senada saat dikonfirmasi terpisah, Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaludin menyatakan benda asing di langit Bandung tersebut bukan benda antariksa. Dia menduga objek tersebut merupakan kumpulan balon yang diterbangkan.

"Konfigurasinya berubah. Bukan objek antariksa. Kemungkinan hanya kumpulan balon yang di terbangkan," ujar Thomas.

Selain itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan benda asing yang terlihat di langit yang disaksikan petugas keamanan ibukan merupakan fenomena meteorologis. 

"Bukan merupakan fenomena meteorologis, seperti Pelangi, Halo, Aurora atupun fenomena optik lainnya yang terjadi di atmosfer," jelas Rahayu saat dikonfirmasi, Jumat (30/7).

Menurut Rahayu, berdasarkan informasi yang diperoleh dari LAPAN, fenomena yang terjadi di Bandung itu diperkirakan merupakan aktivitas manusia.

(can/eks)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK