Pabrik Honda Civic Type R Tutup Pintu Selamanya

fea, CNN Indonesia | Jumat, 30/07/2021 10:50 WIB
Penutupan pabrik Honda di Swindon, Inggris sudah direncanakan sejak 2019. Honda Civic Type R. (CNN Indonesia/Rayhand Purnama)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pabrik Honda Civic Type R di Swindon, Inggris resmi ditutup pada Kamis (29/7) setelah lebih dari 35 tahun beroperasi.

Berita ini sebenarnya tak sepenuhnya baru, sebab pada 2019 hal ini sudah dikatakan Honda bakal terjadi. Selain pabrik Swindon, Honda juga menutup fasilitas mereka di Turki pada 2021.

Penghentian pabrik ini bagian dari restrukturisasi global Honda yang ingin fokus pada perubahan strategi ke elektrifikasi.


Penutupan pintu pabrik di Swindon untuk selamanya juga berarti mengakhiri produksi generasi Civic Hatchback yang saat ini dipasarkan. Selain itu sebanyak 3.500 karyawan juga kehilangan pekerjaan menurut Business Live.

Sekitar ratusan karyawan masih bekerja di lokasi fasilitas seiring penutupan pabrik, sebelum akhirnya diserahkan ke Pannatoni, kira-kira pada 2022.

Pada Maret lalu Honda telah mengonfirmasi menjual pabrik Swindon ke pengembang industrial dan logistik terbesar di Eropa, Pannatoni.

Pabrik Swindon yang berdiri sejak 1985 pernah menjadi salah satu yang terbesar di Inggris, dengan kapasitas 150 ribu unit per tahun. Selain memproduksi Civic dan CR-V pabrik ini juga terkenal karena melahirkan Civic Type R.

Civic Type R mulai diproduksi pada 2001 untuk model generasi kedua (EP3) yang berbasis generasi ketujuh Civic. Kemudian produksi dilanjutkan sampai ke generasi kelima (FK8) yang dirancang dari Civic generasi ke-10.

Bahkan Civic Type R spesifikasi Jepang juga diproduksi di pabrik Swindon.

Honda sudah menyatakan bakal merilis Civic Type R pada 2022, namun sejauh ini belum diketahui di mana mobil itu bakal diproduksi.

Civic Type R generasi kelima sudah meluncur di Indonesia pada 2017, lantas versi facelift dijual mulai Mei 2021 dengan harga Rp1,177 miliar.

(fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK