TIPS TEKNOLOGI

Cara Cek iPhone Curian atau Bukan

CNN Indonesia
Senin, 02 Agu 2021 06:32 WIB
iPhone yang masuk dalam daftar hitam karena iPhone hasil curian yang dijualbelikan bisa dicek melalui beberapa cara. (Foto: Apple)
Jakarta, CNN Indonesia --

iPhone salah satu smarthphone sangat populer di dunia di tengah serbuan ponsel pintar dari negeri ginseng China dan Korea. Banyak pengguna menyukainya karena fitur-fiturnya yang memudahkan penggunaan dalam keseharian.

Namun di balik kepopuleran iPhone, kita harus teliti sebelum membeli iPhone khususnya iPhone bekas. Sebab banyak kasus iPhone curian dan dijual pedagang yang cuma mencari untung.

Berikut cara cek iPhone curian atau bukan sebelum membelinya.

Cek IMEI

Smarthphone saat ini dilengkapi nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI). Dengan nomor IMEI, kita juga bisa mengetahui ponsel yang akan dibeli adalah ponsel ilegal atau black market.

Usahakan kita tahu nomor IMEI iPhone sebelum membelinya. Meminta nomor IMEI ponsel dari pedagang memang situasi yang mengenakan. Pedagang pun akan merasa aneh bila ditanya IMEI ponsel yang dijual.

Untuk memeriksa nomor IMEI iPhone, buka Pengaturan> Umum> Tentang dan scroll ke bawah ke kolom yang tertulis IMEI. Atau, nomor umumnya tersedia di balik ponsel atau kode batang pada kemasan iPhone mengutip ubergizmo

Cara periksa IMEI

Setelah mendapatkan nomor IMEI, masuk ke situs yang disediakan untuk mengecek keabsahan IMEI. Beberapa situs web yang bisa digunakan untuk mengecek IMEI: IMEI Pro, CTIA Stolen Phone Checker (hanya tersedia di AS), Swappa.

Jika hasil pencarian menunjukkan bahwa iPhone masuk dalam daftar hitam karena "mungkin" telah dilaporkan dicuri, dan jangan dibeli. Beberapa situs mungkin menampilkan Find My iPhone dan Activation Lock yang sudah dibuka. Kamu bisa minta penjual untuk menonaktifkan fitur dan coba pindai kembali.

Ini salah satu pencegahan yang mutakhir. Bila pedagang mengelak dan mencari alasan, sebaiknya jangan beli iPhone tersebut. ID Apple dan kata sandi yang digunakan untuk mengatur perangkat atau kode sandi perangkat.

Sejauh ini sejumlah orang mungkin belum tahu bahwa iPhone mereka telah dicuri dan belum dilaporkan.

Alasan tidak membeli iPhone curian

Pertama, jangan tergoda membeli iPhone curian meski dijual dengan harga terjangkau sebab kita bisa terganjal masalah hukum. Jika pemiliknya berhasil melacak ponsel mereka, kemungkinan Anda akan menghadapi masalah dilansir appletoolbox.

Kedua, iPhone memiliki banyak fitur keamanan yang dirancang untuk menonaktifkan iPhone yang dicuri atau hilang. Jangan sampai iPhone curian yang dibeli justru tidak bisa digunakan di kemudian hari.

Ketiga, operator membagikan daftar hitam untuk perangkat yang dicuri. Ini secara efektif menonaktifkan slot kartu SIM telepon, jadi bahkan jika Anda berhasil melewati Kunci Aktivasi, jika telepon ada di database daftar hitam kemungkinan pembeli selanjutnya tidak akan dapat menggunakan kartu SIM.

(mik/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER