Cara Akses Game Cloud Facebook dari iPhone dan iPad

CNN Indonesia
Selasa, 27 Jul 2021 18:56 WIB
Facebook dilaporkan telah merilis layanan game berbasis komputasi awan atau cloud, untuk pengguna perangkat Apple melalui safari. Ilustrasi Facebook CNN Indonesia/Adhi Wicaksono
Jakarta, CNN Indonesia --

Perusahaan teknologi Facebook dilaporkan telah merilis layanan game berbasis komputasi awan atau cloud, untuk pengguna perangkat Apple baik iPhone atau iPad melalui Safari.

Langkah itu bertujuan untuk mengakali kebijakan ketat Apple bagi pengembang pihak ketiga. Layanan ini memungkinkan pengguna dapat bermain game Facebook lewat peramban, tanpa harus mengunduh game tersebut di perangkat Apple.

Game yang disediakan Facebook dapat diakses lewat situs Facebook Gaming Play melalui browser Safari. Pengguna juga dapat menyimpan permainan itu di halaman home screen, agar mudah jika ingin memainkannya kembali.

Namun begitu, untuk saat ini game cloud Facebook itu baru bisa dimainkan oleh pengguna di di Amerika Serikat dan sebagian wilayah Kanada dan Meksiko. Pengguna yang tidak berada di area tersebut dapat memainkan game HTML5 di aplikasi web.

Dikutip CNET, beberapa game yang disuguhkan Facebook di antaranya Assassin's Creed Rebellion, Risk: Global Domination, dan LEGO Legacy: Heroes Unboxed.

Langkah Facebook dilakukan setelah Apple mewajibkan game streaming tersedia dalam bentuk aplikasi di App Store. Namun, kebijakan tersebut mencatat bahwa aplikasi browser web dapat digunakan untuk menjangkau pengguna di luar App Store.

Vice President of Facebook Gaming, Vivek Sharma mengatakan kebijakan ketat dari Apple yang hanya mengizinkan game cloud di App Store tidak memungkinkan sama sekali, dan disebut sebagai penghalang jalan perkembangan game.


"Penghalang jalan ini berarti pemain dicegah untuk menemukan game baru, bermain lintas perangkat, dan mengakses game berkualitas tinggi secara instan di aplikasi iOS, bahkan bagi mereka yang tidak menggunakan perangkat terbaru dan termahal," ujarnya seperti dikutip Ubergizmo.

Selain Facebook, menggunakan aplikasi web juga merupakan taktik perusahaan lain seperti Microsoft dan Amazon, untuk meluncurkan game cloud di perangkat Apple.

(can/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER