Elon Musk Disebut Sempat Minta Gantikan Cook Jadi CEO Apple

CNN Indonesia | Sabtu, 31/07/2021 21:38 WIB
Salah satu pendiri perusahaan teknologi Tesla, Elon Musk dikabarkan hendak menggeser Tim Cook dari takhta CEO Apple. CEO Tesla Elon Musk. (AFP/ODD ANDERSEN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Salah satu pendiri perusahaan teknologi TeslaElon Musk dikabarkan hendak menggeser Tim Cook dari takhta CEO Apple.

Hal itu diduga terungkap dalam perbincangan telepon keduanya pada 2016.

Lima tahun lalu, di tengah penundaan manufaktur dan masalah lain yang mengganggu rencana peluncuran Tesla Model 3, Musk dikatakan telah melakukan panggilan telepon dengan Tim Cook, dan mengusulkan untuk membeli Tesla.


Musk mengatakan Cook akan membelinya, tetapi dengan satu syarat yakni dirinya berposisi sebagai CEO. Dibutuhkan waktu beberapa saat untuk mengetahui maksud Musk yang ingin menggeser posisi itu.

Cerita itu dibagikan oleh Los Angeles Times, berasal dari Power Play: "Tesla, Elon Musk, dan Taruhan Abad Ini", sebuah buku yang ditulis oleh reporter The Wall Street Journal, Tim Higgins yang kerap meliput Apple, Tesla dan perusahaan teknologi lainnya.

Dikutip CNN, baik Musk dan Cook dilaporkan membantah pernah ada dalam percakapan tersebut. Keduanya juga berdalih bahwa mereka tidak pernah saling berbicara.
Pada Desember lalu, Musk mengungkapkan di Twitter bahwa dia telah mempertimbangkan untuk menjual Tesla ke Apple tetapi menegaskan bahwa dia tidak pernah benar-benar berbicara dengan Cook.

Ia juga mengaku berusaha bertemu dengan Tim Cook membahas tentang Apple mengakuisisi Tesla. Tapi, pertemuan itu ditolak oleh Cook.
"Dia menolak untuk menghadiri pertemuan itu," kata Musk.

Musk juga membantah bahwa interaksi yang dijelaskan dalam buku itu terjadi dalam tweet pada hari Jumat, setelah publikasi ulasan buku.

Higgins penulis buku itu menanggapi tweet Musk pada hari Jumat, dan mengatakan bahwa pendiri Tesla diberi "banyak kesempatan" untuk mengomentari anekdot tersebut.
"Anekdot ini berasal dari akun percakapan Musk sendiri, menurut orang-orang yang mendengar menceritakan kembali pada saat itu," cuit Higgins.

Ketika ditanya tentang klaim buku itu, Apple mengarahkan CNN Business ke wawancara April yang dilakukan Cook dengan reporter The New York Times, Kara Swisher yang mengatakan dia menolak pertemuan.

"Saya tidak pernah berbicara dengan Elon, meskipun saya sangat mengagumi dan menghormati perusahaan yang dia bangun," ujar Cook.

Dikutip The Verge, Musk dan Cook difoto berdekatan dengan CEO Oracle, Safra Catz dalam pertemuan dengan mantan Presiden Donald Trump pada Desember 2016. Tidak diketahui apakah keduanya berbicara atau tidak dalam pertemuan tersebut.

(can/dea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK