Porsche Garap Industri ke Luar Angkasa Ikuti Jejak SpaceX

CNN Indonesia | Minggu, 01/08/2021 22:28 WIB
Porsche SE berkolaborasi dengan perusahaan modal ventura HV Capital dan Swiss Lombard Odier Bank dengan menyuntikkan dana sebesar US$75 juta. Porsche ikut menggarap industri luar angkasa untuk mengikuti jejak SpaceX. (Foto: Courtesy Porsche)
Jakarta, CNN Indonesia --

Anak perusahaan Volkswagen GroupPorsche menyuntikkan dana ke salah satu startup Jerman yang bergerak di sektor pesawat luar angkasa yaitu Isar Aerospace.

Porsche SE berkolaborasi dengan perusahaan modal ventura HV Capital dan Swiss Lombard Odier Bank dengan menyuntikkan dana sebesar US$75 juta atau sekitar Rp1 triliun.

"Pendanaan tersebut akan memungkinkan Isar Aerospace untuk berinvestasi lebih lanjut dalam hal peluncuran, pengujian, dan infrastruktur manufaktur untuk produksi roket dan operasi komersial," kata perwakilan Isar Aerospace dikutip CNN, Minggu (1/8).


Perwakilan Isar Aerospace melanjutkan bahwa pihaknya kini sedang fokus pada pembuatan teknologi satelit.

Sebagai informasi, pada Juli lalu SpaceX membawa 88 satelit ke orbit Bumi. Lalu pada hari yang sama, Virgin Galactic juga meluncurkan satelit mereka yang diberi nama Virgin Orbit.

Berkaca dengan kesuksesan SpaceX dan Virgin Galactic, Isar Aerospace memperkirakan bahwa pasar layanan peluncuran luar angkasa global akan mengalami peningkatan sebesar US$35,4 miliar pada tahun 2027.

Meskipun suntikan dana yang diberikan Porsche SE terbilang kecil, namun hal ini dinilai sebagai langkah penting bagi perusahaan untuk melebarkan sayap mereka tidak hanya di bidang otomatif saja.

"Kami yakin bahwa dana yang efisien dan akses yang fleksibel ke ruang angkasa akan menjadi pendorong inovasi di banyak sektor industri," ujar Eksekutif Porsche SE, Lutz Meschke.

"Dengan Isar Aerospace, kami berinvestasi di perusahaan yang memiliki potensi baik untuk memantapkan dirinya sebagai produsen kendaraan peluncuran luar angkasa terkemuka Eropa," pungkas Meschke.

Isar Aerospace saat ini telah mengumpulkan US$180 juta sejak didirikan tahun 2018.

Selain Porsche SE, dana yang berhasil dikumpulkan Isar Aerospace juga didanai perusahaan pemodal ventura Airbus dan mantan eksekutif SpaceX, Bulent Altan.

Kabar baiknya pada bulan Mei 2021 lalu, Badan Antariksa Jerman telah memberikan izin kepada Isar Aerospace untuk meluncurkan dua satelit ke orbit Bumi atas nama pemerintah Jerman.

(mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK