Honda Cabut Nyawa NSX, Spesies Terakhir Cuma 350 Unit

fea, CNN Indonesia | Selasa, 03/08/2021 21:00 WIB
Generasi kedua Honda NSX (Acura NSX) diputuskan berhenti diproduksi pada Desember 2022, edisi terakhir dinamakan Type S. Honda NSX Type S, versi terakhir generasi kedua NSX sebelum diakhiri pada Desember 2022. (honda.co.jp)
Jakarta, CNN Indonesia --

Honda telah memutuskan bakal mengakhiri produksi generasi kedua supercar NSX, yang dijual dengan nama Acura NSX di Amerika Utara, pada Desember 2022. Buat menandai perpisahan dengan kesan legenda Honda membuat varian versi pamungkas NSX Type S.

Tadinya dikira versi terbaru NSX bakal menyandang gelar Type R, tetapi ternyata Type S yang memang sudah identik Acura. Honda sudah pernah meluncurkan Type S pada generasi pertama NSX di era 1990-an.

Type S yang dijanjikan sebagai varian terkuat NSX akan meluncur pada 12 Agustus saat Monterey Car Week di California, Amerika Serikat, digelar.


Sejauh ini belum diketahui spesifikasi detail NSX Type S, namun yang pasti bakal ada pengembangan dari kombinasi mesin standar V6 3.500 liter dan tiga motor listrik. Paket dapur pacu ini sudah sanggup memuntahkan 573 hp dan torsi 645 Nm.

Honda telah merilis foto dan video penggoda NSX Type S. Dari situ terlihat ada desain baru pada pelek, rear diffuser yang makin galak, penutup mesin berwarna merah, dan ada emblem 'Type S' di belakang.

NSX Type S bakal menjadi model unik dan bisa jadi incaran kolektor, pasalnya Honda mengatakan hanya akan memproduksinya sebanyak 350 unit, 300 unit di antaranya spesial buat konsumen di Amerika Serikat.

Generasi pertama NSX lahir pada 1990, namun produksinya dihentikan pada 2005. Sebelas tahun kemudian, yakni pada 2016, generasi kedua NSX muncul dengan konsep supercar hybrid.

Generasi kedua NSX dirasa gagal memenuhi ekspektasi atau setidaknya menyamai reputasi generasi pertama. Menurut Automotive News, penjualan Acura NSX pada semester pertama 2021 hanya 60 unit, jauh dibanding kompetitor misalnya Porsche 911 sebanyak 5.000 unit.

"Acura adalah merek performa, perusahaan terdiri dari penggemar, dan kami akan terus melangkah maju, secara aktif menginvestigasi seperti apa mobil sport generasi baru di era elektrifikasi," kata Jon Ikeda, Wakil Presiden Acura.

[Gambas:Youtube]

(fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK