Benda Misterius Meledak di Langit Turki, Berpijar Warna Hijau

CNN Indonesia | Selasa, 03/08/2021 16:57 WIB
Langit di Izmir, Turki tiba-tiba berwarna hijau usai benda jatuh dan meledak. Kejadian itu terjadi beberapa detik dan mengagetkan warga yang melihatnya. Ilustrasi ledakan di langit Turki. (Foto: Unsplash/Guillaume)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebuah ledakan misterius terjadi di langit Izmir, Turki. Ledakan itu mengubah langit jadi berwarna hijau dalam waktu beberapa detik.

Fenomena itu direkam pemilik akun @h_ibrahimcakan. Video berdurasi 21 detik itu memperlihatkan benda bergerak cepat dan menembus sekumpulan awan. Ledakannya sempat terdengar warga dan membuat warna langit sontak berubah menjadi warna hijau.


Peristiwa ledakan itu terjadi pada Sabtu (31/7). Banyak warga Turki mengira benda tersebut merupakan UFO. Namun teori-teori itu belum terbukti hingga saat ini.

Pemilik akun @MYhcnup justru mengira benda yang meledak itu adalah puing-puing roket yang jatuh di wilayah Turki.

Astrofisika Dr. Hasan Ali Dal merespons fenomena di langit Turki akhir pekan lalu. Hasan menjelaskan itu merupakan fenomena "bola api" yang menyerupai meteor ketika jatuh ke Bumi.

Benda langit meteor umumnya menyala dan mengeluarkan warna-warna cerah saat memasuki atmosfer Bumi. Meteor akan terpecah belah begitu sampai di dataran Bumi.

Ahli menyebut fenomena itu bagian dari Hujan Meteor Perseids beberapa waktu lalu yang diyakini mencapai puncaknya pada 11 Agustus 2021 mengutip News 18.

Untuk diketahui fenomena Hujan Meteor Perseids terjadi setiap tahun antara Juli dan Agustus. Dikabarkan hingga 50 meteor menembus langit dalam satu jam dengan kecepatan lebih 212.400 kilometer per jam dilansir Times Now News.

Melansir situs resmi, LAPAN menjelaskan hujan meteor perseid dinamai berdasarkan titik radian (titik asal munculnya hujan meteor) yang terletak di konstelasi Perseus. Hujan meteor perseid diketahui berasal dari sisa debut komet 109P/Swift-Tuttle.

(mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK