Waktu Terbaik Lihat Hujan Meteor Perseid di Langit Indonesia

CNN Indonesia | Selasa, 03/08/2021 09:09 WIB
Selama Agustus 2021 akan ada sejumlah fenomena langit yang bisa disaksikan dengan mata telanjang, salah satunya hujan meteor Perseid. Ilustrasi hujan meteor Perseid. (AFP PHOTO / Ye Aung Thu)
Jakarta, CNN Indonesia --

Selama Agustus 2021 akan ada sejumlah fenomena langit yang bisa disaksikan dengan mata telanjang. Di antaranya akan ada dua puncak hujan meteor. Untuk yang paling dekat adalah Hujan Meteor Perseid.

Menurut Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) hujan meteor perseid aktif sejak 17 Juli hingga 14 Agustus 2021.

"Puncak hujan meteor Perseid terjadi pada 12 hingga 13 Agustus," tulis LAPAN.


Fenomena hujan meteor Perseid dapat disaksikan dari arah utara barat laut hingga utara mulai tengah malam hingga fajar bahari/nautika atau 20 menit sebelum matahari terbit.

"Durasi hujan meteor sekitar perseid 20 menit," kata LAPAN.

Melansir situs resmi, LAPAN menjelaskan hujan meteor perseid dinamai berdasarkan titik radian (titik asal munculnya hujan meteor) yang terletak di konstelasi Perseus. Hujan meteor perseid diketahui berasal dari sisa debut komet 109P/Swift-Tuttle.

Puncak hujan meteor perseid dapat disaksikan ketika titik radian berkulminasi di arah utara dengan ketinggian 25,3 derajat.

Adapun intensitas maksimum hujan meteor perseid ini bisa mencapai 60 hingga 70 meteor tiap jam dengan kelajuan meteornya menyentuh 212.400 kilometer per jam.

Selain hujan meteor Perseid, warga Indonesia juga bisa melihat fenomena hujan meteor Kappa yang akan terjadi di hari kemerdekaan Republik Indonesia.

"17-18 Agustus Puncak Hujan Meteor Kappa Cygnid," tulis LAPAN.

Hujan meteor kappa cygnid aktif sejak 3 hingga 25 Agustus. Tapi puncaknya 17 hingga 18 Agustus pukul 07.00 WIB/ 08.00 WITA/ 09.00 WIT.

(dal/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK