Alasan Pesawat Dominan Warna Putih

CNN Indonesia | Rabu, 04/08/2021 16:17 WIB
Badan pesawat terbang yang kerap didominasi warna cat putih ternyata punya alasan tertentu. Ilustrasi pesawat. (ANTARA FOTO/FB Anggoro)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pesawat terbang sering kali ditemui dengan warna cat putih mendominasi badan pesawat. Bukan tanpa alasan, nuansa putih pada bodi pesawat memiliki tujuan tertentu.

Belakangan publik dihebohkan dengan berubahnya tampilan pesawat kepresidenan RI atau 'Indonesia One' yang awalnya berwarna putih biru, kini berubah menjadi merah dan putih.

Namun demikian, nuansa putih tetap ada pada warna badan pesawat. Hal ini disebut dapat membantu menjaga suhu badan pesawat tetap dingin hingga meminimalisir serangan burung.

Berikut empat alasan mengapa pesawat komersial hingga pesawat kepresidenan hampir memiliki warna putih.

1. Memantulkan sinar Matahari

Alasan utama mengapa badan pesawat dicat putih atau warna terang adalah untuk memantulkan sinar Matahari.

Warna selain putih disebut akan menyerap sebagian besar cahaya. Hal ini dikatakan sangat penting karena ketika sinar Matahari diserap oleh pesawat terbang, dapat memanaskan badan pesawat.

Mengecat putih pesawat penumpang disebut dapat meminimalkan pemanasan dan potensi kerusakan dari radiasi Matahari. Tidak hanya saat pesawat sedang terbang, tetapi juga saat diparkir di landasan pacu.

2. Tidak luntur

Saat terbang di ketinggian, pesawat benar-benar terkena berbagai kondisi atmosfer. Pesawat berwarna cenderung memudar seiring waktu, dan karenanya membutuhkan pengecatan ulang untuk mempertahankan estetika.

Selain fakta bahwa cat menambah bobot yang signifikan pada pesawat yang artinya lebih banyak bahan bakar yang dibakar, pengecatan ulang pesawat juga membutuhkan biaya.

Di sisi lain pesawat yang dicat putih atau warna terang tidak tampak berbeda secara signifikan bahkan setelah menghabiskan banyak waktu di udara.


3. Memungkinkan tanda-tanda kerusakan lebih mudah dideteksi

Warna putih juga disebut dapat memudahkan dalam pengecekan keamanan dan konstruksi bodi pesawat. Selain dapat memudahkan teknisi, warna putih juga disebut lebih kentara jika terlihat ada kerusakan pada bodi pesawat.

Teknisi akan memeriksa secara berkala bodi pesawat, untuk menghindari adanya retak dan penyok berlebih.

Tidak ada yang lebih baik dari cat putih karena penyok, tumpahan minyak, dan cacat lainnya hampir selalu lebih gelap dari cat putih, sehingga memungkinkan untuk diidentifikasi dan diperbaiki dengan cepat.

4. Mengurangi serangan burung

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK