BMKG: Bandung Waspada Cuaca Ekstrem Hujan Es Jelang Pancaroba

CNN Indonesia | Jumat, 03/09/2021 18:21 WIB
BMKG Stasiun Bandung mengingatkan warga Bandung agar waspada cuaca ekstrem seperti hujan lebat dan hujan es di masa pancaroba. Ilustrasi. BMKG Stasiun Bandung mengingatkan warga Bandung agar waspada cuaca ekstrem seperti hujan lebat dan hujan es di masa pancaroba. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Bandung mengimbau agar warga waspada potensi cuaca ekstrem seperti hujan lebat hingga fenomena hujan es di masa pancaroba.

Hal ini disampaikan Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung Teguh Rahayu. Menurutnya, masa pancaroba di kawasan Bandung Raya akan dimulai pada September dasarian I-II.

Ini adalah masa peralihan ke musim hujan pada Oktober mendatang. Sehingga ia mengimbau warga waspada bencana hidrometeorologi di musim peralihan ini.


"Bagi masyarakat yang tinggal di wilayah perbukitan, sekitar DAS Citarum, dan bahkan perkotaan diharap meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi kejadian banjir, tanah longsor, hujan es, dan angin kencang/puting beliung," ujar Rahayu melalui keterangan tertulis, Jumat (3/9/2021).

Rahayu menerangkan, musim hujan untuk wilayah Bandung Raya diperkirakan akan dimulai lebih awal 2 hingga 3 dasarian dari kondisi normal.

Untuk wilayah Bandung bagian utara dan Bandung bagian barat akan dimulai pada September dasarian II.

Kemudian diikuti oleh Kota Bandung, Bandung bagian timur, dan Bandung bagian selatan pada Oktober dasarian I.

"Berdasarkan analisis data oleh BMKG Bandung, musim peralihan untuk wilayah Bandung raya diperkirakan akan dimulai pada September dasarian I hingga dasarian II. Dengan sifat hujan diperkirakan Normal-Atas Normal," kata Rahayu.

Selain itu, BMKG juga mengimbau agar dilakukan manajemen air dengan baik memasuki musim hujan tahun ini.

Misal dengan seperti dengan menambah luas tanam, melakukan panen air hujan, dan mengisi waduk/danau dan badan air lainya yang berguna untuk periode musim kemarau tahun depan.



(hyg/eks)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK