Cara agar Whatsapp Web Tidak Keluar Sendiri

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 17/09/2021 12:05 WIB
Ada cara untuk membuat akun WhatsApp tidak keluar sendiri dan selalu aktif, sehingga tidak direpotkan dengan login ulang berkali-kali meski dalam kondisi idle. Ada cara untuk membuat akun WhatsApp tidak keluar sendiri dan selalu aktif, sehingga Anda tidak direpotkan dengan login ulang berkali-kali meski dalam kondisi idle. (Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

WhatsApp Web merupakan fitur ekstensi yang memungkinkan pengguna dapat menggunakan aplikasi WhatsApp pada komputer dan laptop.

Lantaran dapat diakses di mana pun di ruang publik, WhatsApp Web menjalankan sistem log out otomatis guna mencegah aksi pembajakan yang dapat mengancam privasi pengguna.

Akan tetapi, WhatsApp web yang sering log out (keluar) sendiri dalam rentang waktu tertentu saat sedang tidak digunakan dianggap sebagian pengguna merepotkan karena harus log in ulang.


Jika Anda tak ingin log in berkali-kali meski dalam kondisi idle, ada cara untuk membuat akun WhatsApp tidak keluar sendiri dan selalu aktif. 

Dengan menerapkan cara ini, Anda dapat log out ketika memang menginginkannya saja.

Cara agar WhatsApp Web Tidak Log Out Sendiri

Ilustrasi Whatsapp. CNN Indonesia/Bisma SeptalismaCara membuat WhatsApp Web tidak keluar sendiri (Ilustrasi Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma)

  • Buka laman WhatsApp web pada peramban
  • Lalu buka aplikasi WhatsApp di ponsel
  • Ketuk ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas
  • Kemudian pilih opsi Perangkat Tertaut
  • Sebelum memindai QR code pada peramban, beri centang pada kolom 'Keep Me Sign In' yang berada tepat di bawah QR code
  • Kemudian pindai QR code dari ponsel
  • Jika mengaktifkan fitur biometrik, WhatsApp akan meminta Anda menempelkan sidik jari sebagai bukti otentikasi.

Dengan memilih 'Keep Me Sign In' maka WhatsApp web Anda tidak akan lagi keluar sendiri walau tidak digunakan dalam beberapa saat atau kondisi idle.

Lebih lanjut, proses otentikasi biometrik tidak disimpan oleh WhatsApp, informasi biometrik tersimpan pada sistem operasi ponsel.

Jika ingin keluar, Anda cukup klik ikon tiga titik di pojok kanan atas laman WhatsApp web dan pilih opsi keluar. Untuk kembali masuk, ulangi cara di atas.

Akan tetapi, jika pada saat penggunaan dan sinkronisasi terputus, mungkin disebabkan oleh hal berikut:

  • Masalah koneksi telepon:

Perlu diingat, pada dasarnya WhatsApp merupakan layanan berbasis mobile. Oleh karena itu, jika ponsel Anda mati maka koneksi dengan WhatsApp web juga ikut terputus. Saat terputus, maka pesan yang Anda buat pada WhatsApp web tidak dapat terkirim.

  • Masalah koneksi Wi-fi:

Jika WhatsApp web gagal tersinkronisasi, bisa jadi hal itu disebabkan gangguan koneksi wi-fi. Gangguan koneksi wi-fi bisa disebabkan banyak hal seperti listrik padam, pemblokiran akses pada area publik atau perkantoran, router wi-fi rusak, dan sebagainya.

  • Masalah koneksi komputer:

Koneksi WhatsApp web bergantung pada kestabilan jaringan internet. Saat koneksi internet tidak stabil, WhatsApp web akan memberi tanda kuning pada bagian atas chat, atau tanda seru pada kolom bar peramban.

Jika menjadikan ponsel Anda sebagai hotspot wifi, Anda cukup membuka ponsel dan masuk ke dalam aplikasi WhatsApp.

Itulah cara membuat WhatsApp Web tidak keluar sendiri dan selalu aktif. Pastikan selalu logout akun jika Anda membuka WhatsApp Web bukan menggunakan komputer atau laptop milik pribadi.

(imb/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK