Alibi Suzuki Sebut Masalah Pintu Jimny Bukan Recall

fea, CNN Indonesia | Jumat, 17/09/2021 22:18 WIB
Perbaikan masalah pintu ribuan Jimny di Indonesia disebut kampanye servis, sedangkan recall dilakukan untuk masalah perembesan oli untuk 21 unit. Suzuki Jimny di GIIAS 2019. (CNN Indonesia/Daniela)
Jakarta, CNN Indonesia --

Suzuki Indomobil Sales (SIS) menyatakan pemanggilan ribuan konsumen ke bengkel resmi untuk mendapatkan perbaikan Jimny karena masalah kerusakan pintu bukan kampanye recall. SIS menyebutnya sebagai kampanye servis yang melibatkan 1.540 unit Jimny.

Kerusakan pintu terdapat di bagian door harness. SIS menjelaskan, "Tekanan dari tekukan saat pembukaan/penutupan pintu pada bagian tengah kabel di dalam grommet berpotensi mengganggu fungsi beberapa fitur, seperti power window dan central door lock".

SIS menyatakan melalui keterangan resmi SIS, Jumat (17/9), kampanye servis untuk 1.540 unit Jimny produksi Mei 2018 - Desember 2020 ini terdiri dari 150 unit tipe transmisi manual dan 1.390 unit tipe otomatis.


Isu recall Jimny soal kerusakan di bagian pintu sebelumnya pernah diceritakan salah satu konsumen, Julian Johan, pada bulan lalu. Julian mengatakan Jimny miliknya telah menjalani recall dari dealer resmi Suzuki.

Menurut Julian recall itu terkait wiring pada pintu kanan dan kiri mobil. Kata dia menurut teman-temannya di kalangan komunitas Jimny, pernah terjadi pengalaman power window bermasalah, pintu tak bisa terkunci, bahkan tersetrum listrik statis.

SIS sudah menanggapi cerita Julian dan mengatakan kegiatan perbaikan Jimny itu bukan recall, melainkan kampanye servis.

Recall 21 Unit Jimny

Dalam keterangan resmi, SIS juga mengungkap melakukan kampanye recall Jimny, namun untuk masalah yang berbeda dan untuk jumlah unit yang jauh lebih sedikit. Recall ini dilakukan karena ada potensi perembesan oli di 21 unit Jimny produksi Mei-Juni 2021.

Hariadi, Asst. to Service Dept. Head SIS, mengatakan, perusahaan akan menghubungi semua pemilik Jimny yang terlibat kampanye servis ataupun recall agar segera mengunjungi bengkel resmi untuk mendapatkan perbaikan.

(fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK