Gangguan IndiHome Jawa-Papua Akibat Kabel Laut Jasuka

CNN Indonesia | Senin, 20/09/2021 15:42 WIB
TelkomGroup menyatakan gangguan internet di Jawa hingga Papua akibat kabel bawah laut dan dilaporkan berangsur pulih. TelkomGroup menyatakan gangguan internet di Jawa hingga Papua akibat kabel bawah laut dan dilaporkan berangsur pulih. (Dok. Telkom)
Jakarta, CNN Indonesia --

Perusahaan telekomunikasi TelkomGroup mengakui terjadi gangguan internet di beberapa wilayah Indonesia, tetapi dilaporkan berangsur pulih pada Senin (20/9).

Menurut keterangan Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono, layanan internet mulai kembali normal sejak tengah malam hingga pagi ini.

"TelkomGroup baik fixed maupun mobile broadband di beberapa wilayah Indonesia sudah berangsur pulih pasca terjadinya gangguan pada sistem komunikasi kabel laut JaSuKa (Jawa, Sumatera dan Kalimantan)," ujar Pujo lewat keterangan tertulis.


Pujo mengatakan gangguan pada layanan TelkomGroup terjadi akibat gangguan di sistem komunikasi bawah laut Jawa, Sumatera dan Kalimantan, ruas Batam - Pontianak mulai Minggu (19/9) sore kemarin.

Lebih lanjut Pujo menjelaskan sejak terjadinya gangguan layanan pada Minggu malam, pihaknya segera melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam, termasuk penambahan kapasitas beberapa link di wilayah Indonesia seperti dari Papua, Kalimantan maupun Jawa.

"Fokus kami hanya satu, agar layanan segera kembali normal dan digunakan pelanggan seperti sediakala," ujar Pujo.

Pujo mengatakan gangguan layanan teridentifikasi berasal dari titik sekitar 1,5 kilometer lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter di bawah permukaan laut.

"Dengan diketahuinya titik gangguan, kami segera mempersiapkan upaya perbaikan agar secepatnya infrastruktur tersebut dapat segera berfungsi normal," ucap Pujo.

Imbas terganggunya layanan internet yang terjadi di TelkomGroup, warganet Indonesia geram dan membanjiri lini Twitter sejak Minggu sore. Hingga Senin (20/9) pukul 11.56 WIB, kata kunci Indihome masih bertengger di jajaran atas obrolan warganet di Twitter.

Beberapa warganet melaporkan tak bisa mengikuti kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh, lantaran layanan internet Indihome milik TelkomGroup tak kunjung membaik.

"Indihome dari kemaren kenapa sihh?? kuliah aku ditangan indihome," ujar akun @lqttemmatcha, Senin (20/9).

Ada pula warganet yang tak bisa bekerja dari rumah (work from home) atau kerja dari rumah, lantaran layanan internet Indihome tak terhubung.

"Indihome 😭😭😭 kerjaa jdi lemot gini. 😭," ujar akun @vitaminB12.

Ada pula akun @dangwrchemistry yang berkomentar bahwa kedua layanan internetnya yang menggunakan Indihome dan Telkomsel tak kunjung membaik. Ia menyinggung layaknya manusia purba di padahal berada di iklim serba digital.

"Double combo di mana paketan hp Telkomsel dan wifi rumah Indihome. Berasa jadi manusia purba abad 21 yang terdampar di indahnya peradaban ini," tuturnya.

(can/ayp)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK