China Batasi Durasi Anak Main Aplikasi Kembaran TikTok

CNN Indonesia | Selasa, 21/09/2021 12:00 WIB
Pemerintah China membuat aturan baru membatasi anak-anak buat bermain aplikasi kembaran TikTok, Douyin. Pemerintah China membuat aturan baru membatasi anak-anak buat bermain aplikasi kembaran TikTok, Douyin. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah China membuat aturan baru membatasi anak-anak buat bermain aplikasi kembaran TikTok, Douyin.

Aturan itu ditetapkan tidak lama setelah pemerintah China membatasi jam main gim online bagi muda-mudi setempat.

ByteDance yang merupakan perusahaan teknologi internet asal Cina pembuat TikTok dan Douyin akhirnya membuat ketentuan baru supaya tidak melanggar aturan pemerintah China.


Mereka menyatakan anak-anak usia 14 tahun ke bawah yang menggunakan aplikasi Douyin hanya boleh mengakses platform media sosial itu antara pukul 06.00 dan 22.00 setiap hari, dan dengan jangka waktu maksimal selama 40 menit.

Douyin merupakan aplikasi kembaran TikTok buatan ByteDance. Perbedaan yang mencolok adalah konten yang ditampilkan pada aplikasi itu disensor dengan sangat ketat.

Klip video yang membahas isu sensitif atau berbau politis seperti soal peristiwa Lapangan Tiananmen atau perlakuan terhadap etnis minoritas Muslim Uighur di Xinjiang, bakal disensor. Setiap hari Douyin diakses oleh lebih dari 600 juta pengguna.

Pengetatan akses TikTok yang digulirkan sebelumnya mengharuskan ByteDance dan perusahaan serupa memverifikasi nama asli dan usia pengguna. Pengguna juga diwajibkan menyerahkan nomor telepon dan informasi pengenal pribadi lain buat mengakses aplikasi dan gim online tertentu.

Seperti dilansir PC MAG, peraturan tersebut dibuat setelah pemerintah China semakin memperketat pengawasan terhadap remaja dalam menggunakan aplikasi teknologi dalam beberapa bulan terakhir.

Pada Juli lalu, perusahaan teknologi China, Tencent, mulai menggunakan fitur pengenalan wajah (facial recognition) sebagai metode log masuk dan membatasi waktu yang dihabiskan anak di bawah umur untuk bermain gim online besutan mereka. Kemudian pada Agustus, pemerintah China juga menerbitkan aturan baru yang melarang remaja bermain game sama sekali dari Senin hingga Kamis.

China Batasi Durasi Anak Main Aplikasi Kembaran TikTok

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK