Kata Telkomsel Soal Keluhan Jaringan 3 Hari Masih Bermasalah

CNN Indonesia | Selasa, 21/09/2021 16:35 WIB
Telkomsel menanggapi keluhan pengguna mengenai jaringan Grup Telkom termasuk IndiHome yang dikeluhkan masih bermasalah hingga 3 hari. Ilustrasi. Telkomsel menanggapi keluhan pengguna mengenai jaringan Grup Telkom termasuk IndiHome yang dikeluhkan masih bermasalah hingga 3 hari. (Dok. Telkomsel)
Jakarta, CNN Indonesia --

Telkomsel mengakui gangguan sistem komunikasi kabel laut JaSuKa (Jawa, Sumatera dan Kalimantan) ruas Batam masih mengganggu layanan internet sejumlah pengguna layanan Grup Telkom termasuk Indihome hingga hari ini (21/9).

Padahal, gangguan layanan internet Indihome dan Telkomsel dikeluhkan mengalami gangguan sejak Minggu (19/9) sore. Pada Minggu malam, Telkomsel dan TelkomGroup mengakui telah terjadi gangguan pada sistem komunikasi kabel laut JaSuKa (Jawa, Sumatera dan Kalimantan) ruas Batam.

Sehingga, hal ini berimbas pada koneksi internet di sejumlah titik di wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua.


"Kami akan terus memastikan akselerasi proses pemulihan secara menyeluruh," jelas Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin, seperti tertulis pada keterangan resmi saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com, Selasa (21/9).

"Sehingga akses layanan internet Telkomsel dapat dinikmati dengan normal seperti biasa. Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan pelanggan sebagai dampak gangguan yang terjadi," lanjutnya.

Sementara pihak Telkom yang menaungi layanan IndiHome belum memberikan keterangan saat dikonfirmasi Selasa (21/9)/.

Perbincangan mengenai Indihome dan Telkomsel masih ramai diperbincangkan warganet di lini masa Twitter Indonesia soal layanannya yang bermasalah pada Selasa (21/9) siang.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, Selasa(21/9) pukul 14.06 WIB, kata kunci 'indihomedown' berada pada posisi 5 topik yang sedang trending di Indonesia.

Kata kunci 'indihomedown' tersebut sudah bertengger di daftar trending lebih dari 12 jam pada hari ini. Beberapa cuitan mengeluhkan layanan jaringan yang masih bermasalah.

Cuitan dengan kata kunci tersebut saat ini sudah mencapai hampir tiga ribu cuitan dari warganet yang kesal.

Selain Indihome, kata kunci Telkomsel juga meramaikan lini masa Twitter hingga Selasa (21/9) pagi.

Senada dengan pelanggan Indihome, cuitan dengan kata kunci 'Telkomsel' juga berisi keluhan yang menyatakan gangguan pada jaringan. Hingga pagi tadi terdapat 31 ribu cuitan yang memuat kata kunci Telkomsel..

Akun @bakbakeighteen di antaranya, ia mengatakan dalam akun Twitternya layanan Telkomsel dan Indihome yang ia gunakan bermasalah.

"Ayo kapan selesai down-nya," ujarnya Selasa (21/9).

Salah satu warganet bahkan menyamakan kondisi pengguna layanan Indihome dan Telkomsel saat ini dengan zaman purba. 



Selain itu, akun @andisrizki yang merasakan gangguan pada layanan jaringan Indihome sejak hari Minggu (19/9) meminta kompensasi dari pihak Indihome.

"Udah mau 3 x24 jam masak gak ada kompensasi padahal bayarnya juga gak pernah telat," tulisnya.

Lebih lanjut ada warganet yang mengatakan gangguan jaringan ini membuat koneksi panggilan video menggunakan Zoom bermasalah.

"Dan masih down, buat nge-zoom aja dia patah patah," ujar @pvsppa pada Selasa (21/9). 





Di samping itu, netizen pengguna Indihome lain menyampaikan keluhannya sambil berkelakar.

"Wake me up, when @IndiHome fixed #indihomedown," tulis @marbert_99. 

Sebelumnya, TelkomGroup menyatakan gangguan internet ini berkaitan dengan adanya gangguan pada sistem komunikasi kabel laut Jawa, Sumatera, dan Kalimantan (JaSuKa) ruas Batam.

Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono, menyebut layanan internet mulai kembali normal sejak Senin (20/9). Meski demikian, sejumlah pengguna masih mengeluhkan gangguan pada layanan internet IndiHome dan Telkomsel yang mereka gunakan.

(lnn/eks)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK