Tips Agar Ular Kobra Tak Bersarang di Rumah pada September

CNN Indonesia | Selasa, 21/09/2021 19:16 WIB
Bulan September jadi bulan dimana ular kobra bertelur dan kerap bersarang di sekitar rumah atau sekolah, berikut tips untuk menghindarinya. Bulan September jadi bulan dimana ular kobra bertelur dan kerap bersarang di sekitar rumah atau sekolah, berikut tips untuk menghindarinya. (ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)
Jakarta, CNN Indonesia --

Musim hujan pada September merupakan periode tepat bagi ular kobra untuk menetaskan telur yang kerap dilakukan dengan membuat sarang di dalam rumah atau sekolah. 

Area yang gelap dan lembab merupakan tempat favorit ular kobra untuk bersarang dan berkembang biak. Tak terkecuali di dalam rumah atau sekolah.

Ahli Herpetologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Amir Hamidy, memberikan beberapa tips agar ular kobra tidak bertelur di area rumah maupun sekolah.


Masyarakat diminta untuk waspada karena pada September ini merupakan awal musim hujan. Ular kobra akan mencari tempat yang ideal untuk menetaskan telurnya pada musim hujan yang puncaknya biasanya terjadi antara Oktober hingga Desember.

"Pada musim-musim itu harus sering membersihkan rumah dan memberi wangi-wangian yang menyengat. Tidak usah menabur garam karena garam tidak efektif," kata Amir kepada CNNIndonesia.com melalui sambungan telepon, Jumat (17/9).

Lain itu sinar Matahari sebisa mungkin masuk ke dalam rumah, ventilasi bagus, serta sirkulasi yang baik sehingga tidak ada kelembaban.

Amir juga menyarankan supaya penduduk tidak menumpuk barang-barang bekas sehingga tidak menciptakan lubang atau ruang yang dapat digunakan ular untuk bertelur.

Selanjutnya, Amir meminta agar masyarakat rutin membuang sampah setiap hari.

"Membuang sampah dengan disiplin, setiap hari sampah harus dibuang, jangan dibiarkan lama disimpan di dalam rumah karena itu akan mengundang tikus. Itu akhirnya men-trigger bahwa ular itu mencari mangsa karena dia mengikuti bau si tikus," ucap Amir.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Ada Sarang Kobra di Rumah

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK