Peneliti Temukan Sesepuh Virus Corona Pada Kelelawar di Laos

CNN Indonesia
Rabu, 22 Sep 2021 07:43 WIB
Tim peneliti gabungan menemukan sesepuh virus Covid-19 pada tiga ekor kelelawar yang ada di beberapa gua di Laos. Tim peneliti gabungan menemukan sesepuh virus Covid-19 pada tiga ekor kelelawar yang ada di beberapa gua di Laos. (REUTERS/CINDY LIU)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tim peneliti gabungan menyatakan menemukan sesepuh virus Sars-CoV-2 atau Covid-19 pada tiga ekor kelelawar yang ada di beberapa gua di Laos.

Kelelawar itu disebut memiliki domain pengikat reseptor yang sangat mirip dengan virus corona.

Para peneliti dari Institut Pasteur, Prancis dan Universitas Laos mengumpulkan sampel itu selama enam bulan sejak Juli tahun lalu.


Tim ilmuwan mengatakan kelelawar jenis tapal kuda yang ditemukan di gua-gua Laos membawa virus corona yang mirip dengan SarS-CoV-2. Namun, hasil penelitian ini masih dalam tahap pra-cetak dan sedang dipertimbangkan untuk diterbitkan oleh jurnal Nature.

Para peneliti mencari virus yang mirip dengan SarS-CoV-2, dan menemukan tiga di antara kelelawar memiliki domain pengikat reseptor yang sangat mirip dengan yang ditemukan pada virus.

Domain adalah bagian dari protein lonjakan yang memungkinkan virus menempelkan dirinya pada enzim ACE-2 manusia.

Studi tersebut mencatat tidak ada virus lain yang mirip dengan mikroba penyebab Covid-19, yang terbukti menggunakan enzim ini untuk menginfeksi sel manusia.

Para peneliti menamai patogen temuan mereka sebagai BANAL-52, BANAL-103, dan BANAL-236.

Temuan ini sekaligus mendukung teori pandemi Covid-19 dimulai karena persilangan genetik dari virus corona kelelawar, demikian menurut laporan The Jerusalem Post.

Kepala penemuan patogen di Institut Pasteur di Paris, Marc Eloit, mengatakan virus corona yang mereka temukan adalah "nenek moyang terdekat dari SARS-CoV-2 yang diketahui hingga saat ini."

"Virus-virus ini mungkin telah berkontribusi pada asal-usul Sars-CoV-2, dan secara intrinsik dapat menimbulkan risiko penularan langsung di masa depan ke manusia," kata Eloit.

Peneliti Temukan Sesepuh Virus Covid-19 Pada Kelelawar di Laos

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER