Daftar Fitur WhatsApp Tak Bisa Dipakai di Mode 'Multi Device'

CNN Indonesia | Kamis, 23/09/2021 04:19 WIB
WhatsApp uji fungsionalitas dari fitur multi-perangkat (multi device) ke pengguna versi beta, tetapi sejumlah fitur tidak bisa dipakai. WhatsApp saat ini tengah menguji fungsionalitas dari fitur multi-perangkat (multi device) ke pengguna versi beta. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

WhatsApp saat ini tengah menguji fungsionalitas dari fitur multi-perangkat (multi device) ke pengguna versi beta. Berbeda dengan versi yang sudah muncul sebelumnya, ada sederet fitur yang justru tak dapat digunakan di pembaruan multi-perangkat.

Versi beta multi-perangkat adalah program keikutsertaan yang memberi pengguna akses lebih awal untuk mencoba versi baru WhatsApp di Web, Desktop, dan Portal.

Pada versi multi-perangkat memungkinkan pengguna WhatsApp beta log-in di empat perangkat yang mencakup browser dan perangkat lain, tetapi tidak pada ponsel.


Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan WhatsApp pada perangkat yang terhubung, bahkan ketika ponsel utama tidak memiliki koneksi internet aktif.

Jika perangkat utama tidak terhubung selama lebih dari 14 hari, perangkat yang ditautkan akan keluar secara otomatis.

Beta multi-perangkat tersedia untuk pengguna beta aplikasi WhatsApp dan WhatsApp Business, yang menggunakan versi terbaru WhatsApp beta di Android dan iPhone di negara-negara tertentu.

Terlepas dari kemampuan yang ditawarkan fitur tersebut, terdapat fungsi WhatsApp yang tidak dapat digunakan pada perangkat yang ditautkan juga cukup banyak.

Di antaranya termasuk fitur melihat lokasi langsung di perangkat lain, menyematkan ruang obrolan. Selain itu fitur multi-perangkat juga tak dapat bergabung, melihat, dan mengatur ulang undangan grup dari WhatsApp Web dan Desktop.

Pengguna juga tidak dapat menelepon seseorang menggunakan versi WhatsApp yang sangat lama di ponsel mereka dari perangkat yang ditautkan.

Selain itu tidak ada dukungan panggilan dari Portal atau WhatsApp Desktop ke perangkat tertaut yang tidak terdaftar dalam versi multi-perangkat beta.

Sementara itu, pengguna WhatsApp Business tidak dapat mengedit nama atau label bisnis mereka dari WhatsApp Web atau Desktop, menurut laporan Indian Express.

Dikutip dari BGR, menurut sebuah laporan WABetaInfo saat ini perusahaan menyediakan fitur ini untuk pengguna non-beta.

Menurut laporan tersebut, nomor versi pembaruan WhatsApp terbaru multi-perangkat adalah 2.21.19.9. telah diluncurkan untuk pengguna Android dan iOS.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, Rabu (22/9) pagi, pembaruan WhatsApp versi multi-perangkat belum muncul di pengguna iOS di Indonesia.

Dengan memperbarui ke versi baru, pengguna dapat menikmati fitur dukungan multi-perangkat WhatsApp di ponsel mereka. Laporan itu juga mengatakan bahwa WhatsApp akan menjadikan fitur multi-perangkat sebagai pembaruan wajib di masa mendatang.

[Gambas:Video CNN]

(can/ayp)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK