Perbedaan Dasar Mobil Jenis MPV dan SUV

CNN Indonesia | Jumat, 24/09/2021 21:00 WIB
MPV dan SUV merupakan mobil berbeda dilihat dari desain bodi, fungsi dan kemampuannya menghadapi kontur jalan. SUV Mitsubishi Pajero. (Foto: Dok. Mitsubishi)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mobil penumpang model Sport Utility Vehicle (SUV) dan Multi Purpose Vehicle (MPV) sangat populer di Indonesia. Konsumen sangat menyukai kedua model itu karena multifungsi dan sesuai dengan kontur jalan.

Wajar kedua model mobil ini menempati pasar paling gemuk di Tanah Air. Meski menjadi mobil paling dicari, namun faktanya tidak semua masyarakat khususnya kaum awam paham perbedaan antar keduanya, bahkan malah kerap tertukar.

Padahal sejatinya antara MPV dan SUV merupakan mobil berbeda.


Berikut ulasan perbedaan dan persamaan MPV dan SUV dikutip dari berbagai sumber:

Desain

Perbedaan pertama dari SUV dan MPV terletak pada kegunaannya. SUV merupakan singkatan dari Sport Utility Vehicle, yang bentuk, ukuran sampai kekuatan mesin disesuaikan dengan kebutuhan.

Ada embel-embel kata "sport" yang bisa diartikan dirancang kuat dan tangguh untuk segala segala medan. Di Indonesia, SUV yang tersedia juga beragam mulai kelas menengah sampai premium.

Ambil contoh kelas entry level terdapat Toyota Rush, Suzuki XL7, Honda BRV, maupun Daihatsu Terios. Kemudian kelas menengah kita akan disuguhkan Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Fortuner, atau Isuzu Mux.

Kemudian premium, pilihannya juga tak kalah banyak mulai dari Hyundai Palisade, BMW X5, Mitsubishi Pajer, Toyota Land Cruiser, sampai dengan Lexus LX.

Sementara MPV merupakan singkatan Multi Purpose Vehicle yang diperuntukkan sebagai "mobil keluarga". Desain, bodi hingga kekuatan mesinnya pun dirancang untuk kebutuhan kendaraan keluarga serta mengutamakan kenyamanan.

Sama seperti SUV, MPV juga tersedia dengan beragam pilihan. Mulai dari Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander, Toyota Kijang Innova, sampai versi premium ada Toyota Alphrad, Toyota Vellfire, Honda Odyssey, sampai yang terbaru Hyundai Staria.

Bodi mobil

Perbedaan keduanya langsung dapat terlihat dari bodi mobil. SUV didesain dengan profil lebih tinggi yang rata-rata memiliki ground clearance di atas 200 milimeter.

Sedangkan MPV cenderung dirancang lebih elegan. Ground clearance-nya dibuat lebih rendah untuk meningkatkan kenyamanan pengendara dan penumpang. MPV umumnya harus nyaman di dikendarai di jalan halus perkotaan.

[Gambas:Video CNN]



Jumlah Penumpang dan Fitur Keselamatan

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK