Twitter Bakal Izinkan Pakai Bitcoin, Tip Buat Kreator

CNN Indonesia | Jumat, 24/09/2021 15:00 WIB
Twitter bakal bolehkan para penggemar menggunakan Bitcoin untuk memberi tip para kreator di platform media sosial itu. Ilustrasi. Twitter bakal bolehkan para penggemar menggunakan Bitcoin untuk memberi tip para kreator di platform media sosial itu. (AP/Richard Drew)
Jakarta, CNN Indonesia --

Twitter bakal luncurkan fitur baru untuk mendeteksi kata kasar dan agar pengguna bisa memberi tip berupa Bitcoin kepada kreator favorit mereka.

Pengguna bisa memberi tip berupa Bitcoin pada kreator favorit mereka yang menjadi host ruang obrolah khusus audio milik Twitter, Space.

Perusahaan yang berbasis di San Francisco itu juga akan menguji cara baru untuk membantu pengguna memiliki pengalaman yang lebih aman di Twitter, seperti peringatan ketika orang memasuki percakapan "panas" atau membiarkan mereka meninggalkan utas tweet.


Pengumuman produk itu adalah bagian dari upaya Twitter untuk bersaing dengan platform saingan seperti Facebook dan YouTube. Cara ini juga diharapkan bisa menarik pembuat konten populer yang memiliki banyak pengikut.

Selain itu, pengumuman produk baru ini juga dilakukan untuk mengubah citra Twitter sebagai platform yang dianggap sebagai wadah diskusi terpolarisasi.

Pengguna Twitter secara global di perangkat iOS sekarang dapat mengirim dan menerima pembayaran digital, yang sebelumnya terbatas pada sekelompok kecil untuk uji coba.

"Kami yakin kami dapat terus mendorong jenis percakapan yang ingin dilihat orang," kata Esther Crawford, pemimpin produk untuk monetisasi kreator di Twitter secara virtual, Rabu(24/9) malam.

Dikutip The Verge, meski fitur pemberian tip sudah dalam tahap uji coba, hingga kini perusahaan bekum menggukirkan fitur itu secara meluas. 

Selain Bitcoin, Twitter akan memungkinkan pengguna menghubungkan sembilan penyedia pembayaran tradisional, termasuk Venmo dan Cash App, ke profil mereka untuk menerima tip. Twitter tidak memproses pembayaran itu sendiri.

Kerja sama Twitter dengan Bitcoin difasilitasi oleh Strike, aplikasi dompet Bitcoin yang berjalan pada protokol Lightning Network. Lightning dirancang untuk memungkinkan transaksi yang lebih cepat dan lebih murah menggunakan Bitcoin.

Perusahaan itu disebut telah menerima dana dari CEO Twitter Jack Dorsey, seorang advokat Bitcoin yang setia yang men-tweet pada bulan Juni bahwa "hanya masalah waktu" sebelum Twitter mendukung pembayaran melalui Bitcoin.

Aplikasi Twitter akan memberi tahu kreator ketika mereka menerima tip Bitcoin melalui Strike, agar dengan cepat merespons pemberi tip dengan ucapan terima kasih atau mengirim reaksi emoji.

Twitter juga akan membuat faktur bagi pembuat konten untuk melacak tip yang mereka terima. "Bitcoin mewakili salah satu solusi terbaik" untuk memungkinkan orang bertransaksi di wilayah yang tidak memiliki rekening bank di dunia, Esther Crawford.



Twitter mengatakan pihaknya berencana untuk mendukung otentikasi NFT, atau token yang tidak dapat ditukar, yang merupakan aset digital seperti gambar atau video yang ada di blockchain.

Twitter mengatakan dengan fitur otentifikasi memungkinkan orang melacak dan menampilkan kepemilikan NFT mereka di Twitter.

Dalam upaya mengembangkan Spaces, Twitter akan meluncurkan dana kreator untuk memberikan dukungan finansial, teknis, dan pemasaran kepada pengguna yang menyelenggarakan program audio di Spaces.

Dukungan tersebut memungkinkan lebih banyak host Spaces untuk mengatur percakapan yang lebih baik dan berpotensi mendapatkan kesepakatan sponsor dari brand, kata Andre Jean-Pierre, yang menjabat sebagai penguji beta awal untuk Spaces.

Dikutip Reuters, Twitter saat ini tengah menjajaki bagaimana memfilter kata-kata tertentu yang tidak ingin pengguna lihat dalam balasan tweet mereka, yang dapat digunakan untuk menghentikan ucapan kasar.

(can/eks)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK