29 Mobil Diskon PPnBM Diminta Normal Bertahap Tahun Depan

fea, CNN Indonesia | Selasa, 28/09/2021 11:05 WIB
Menurut Gaikindo masyarakat akan 'kaget' ketika harga 29 mobil yang dikenakan diskon PPnBM tahun ini menjadi normal mulai 1 Januari. Ilustrasi penjualan mobil baru. (ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gaikindo menilai 29 mobil baru yang mendapat diskon PPnBM pada September-Desember sebaiknya tidak langsung dikenakan tarif penuh PPnBM emisi mulai 1 Januari 2022.

Asosiasi perusahaan otomotif di Indonesia ini meminta ke pemerintah agar pengenaan PPnBM emisinya dilakukan bertahap biar tidak terjadi 'shock'.

Sebanyak 29 mobil baru berupa sedan dan 4x2 yang produksi lokal dengan kandungan lokal minimal 60 persen disuntik insentif berupa potongan PPnBM hingga akhir tahun. Besar diskon PPnBM yaitu 100 persen untuk sedan dan 4x2 maksimal 1.500 cc, 50 persen untuk 4x2 1.501-2.500 cc, dan 25 persen buat 4x4 1.501-2.500 cc.


Kelompok mobil ini tidak dikenakan tarif PPnBM emisi yang berlaku untuk semua jenis kendaraan baru mulai 16 Oktober. Namun keistimewaan ini hanya berlaku selama penerapan diskon PPnBM yaitu periode September-Desember.

Setelah periode diskon PPnBM habis maka mulai 1 Januari 2022 setiap 29 mobil akan dikenakan tarif PPnBM emisi sesuai kategorinya masing-masing.

"Kalau Januari 2022 nanti 29 jenis kendaraan akan kena PpnBM, sebaiknya dikenakan secara bertahap, misalnya yang kena tarif PpnBM 15 persen kan bisa diatur Jan-Mar 5 persen, Apr-Jun 10 persen, Jul-Sept 15 persen," kata Jongkie D Sugiarto, saat dihubungi CNNIndonesia.com.

Menurut Jongkie pengenaan bertahap itu tujuannya agar harga 29 mobil itu tidak terlalu tinggi jika langsung dikenakan PPnBM emisi. Kata dia jika demikian bisa berpengaruh pada penjualan lantaran masyarakat selama berbulan-bulan sebelumnya mengenal mobil ini harganya lebih murah karena diskon PPnBM.

"Supaya jangan shock dan masyarakat menunda atau membatalkan pembelian kendaraan," ucap dia.

Jongkie mengatakan sudah mewacanakan hal ini ke Kementerian Perindustrian, namun belum meminta secara resmi ke Kementerian Keuangan.

Diskon PPnBM yang sudah bergulir sejak Maret dikatakan Gaikindo menguntungkan semua pihak lantaran penjualan naik, industri otomotif dan turunannya bergerak, serta pendapatan negara naik.

Pada Agustus penjualan mobil sudah mencapai 543 ribu unit, naik 68 persen dari periode sama tahun lalu. Tahun ini proyeksi Gaikindo total penjualan dapat menembus 750 ribu unit.

(fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK