Toyota Vios Pensiun di India, Sinyal Diganti Belta Basis Ciaz

fea, CNN Indonesia | Selasa, 28/09/2021 17:07 WIB
Penampakan sedan berbasis Suzuki Ciaz, yaitu Toyota Belta, sebelumnya sudah terihat di India. Toyota Yaris sedan versi India. (toyotabharat.com)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sedan Toyota Yaris atau disebut Vios di Indonesia dikabarkan berhenti diproduksi di India per 27 September. Keputusan ini diperkirakan berhubungan dengan Toyota Belta, sedan berbasis Suzuki Ciaz, yang sedang dipersiapkan Toyota.

Menurut pernyataan resmi distributor Toyota Kirloskar Motors di India yang disitat dari Indian Autos Blog, Senin (27/9), strategi ini untuk memenuhi kebutuhan konsumen melalui produk dan teknologi baru.

"Kami berterima kasih kepada semua konsumen kami atas dukungannya dan menempatkan kepercayaannya kepada merek ini. Kami akan melanjutkan pelayanan dengan penawaran lain dan persiapan yang sedang dilakukan untuk model baru Toyota yang akan datang pada 2022," tulis Toyota Kirloskar Motors.


Tak ada penjelasan soal identitas model baru ataupun model pengganti sedan Yaris di India. Meski demikian rumor beredar sedan Yaris akan digantikan Belta.

Sebenarnya sedan Yaris dan Belta punya koneksi yang kuat sebab Belta adalah nama Vios di Jepang. Belta pertama kali dijual di Jepang pada 2005, kemudian dijual dengan nama sedan Yaris dan Vios di negara lain.

Penampakan Belta terbaru telah tertangkap kamera di India dan diduga kuat model rebadge Suzuki Ciaz. Wujudnya disebut menjadi bukti bahwa pabrik Suzuki di India sudah mulai memproduksi Belta namun mungkin masih dalam tahap uji coba, belum produksi massal.

Belta berbasis Ciaz diduga merupakan model ketiga hasil kerja sama Toyota dan Suzuki yang sebelumnya sudah menghasilkan model kembar Toyota Glanza-Suzuki Baleno dan Toyota Urban Cruiser-Suzuki Vitara Brezza.

(fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK