Elon Musk Sindir Bezos Soal Gugatan Proyek SpaceX-NASA

ayp | CNN Indonesia
Sabtu, 02 Oct 2021 00:15 WIB
Pendiri SpaceX, Elon Musk, menyindir pesaingnya, Jeff Bezos, soal gugatan kontrak wahana pendaratan ke Bulan dengan NASA. Pendiri SpaceX, Elon Musk, menyindir pesaingnya, Jeff Bezos, soal gugatan kontrak wahana pendaratan ke Bulan dengan NASA. (AFP/BRENDAN SMIALOWSKI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pendiri SpaceX, Elon Musk, menyindir pesaingnya yang juga pemilik perusahaan penjelajahan ruang angkasa Blue Origin, Jeff Bezos, terkait gugatan hukum yang dilayangkan terkait kontrak pembuatan wahana pendaratan di Bulan oleh Badan Antariksa dan Penerbangan Amerika Serikat (NASA).

Menurut Musk, sengketa proyek penjelajahan ke Bulan itu tidak seharusnya dibawa ke ranah hukum.

"Anda tidak bisa menggugat cara untuk ke Bulan, Oke? Tidak peduli seberapa bagusnya kuasa hukum Anda," kata Musk dalam wawancara dengan Vox Media dan dikutip Space.com.


"Saya pikir dia (Bezos) seharusnya memberikan upaya lebih buat sampai ke orbit ketimbang melayangkan gugatan," lanjut Musk.

SpaceX dan Blue Origin terlibat sengketa selama berbulan-bulan saat bersaing memperebutkan kontrak NASA buat membangun wahana antariksa yang bisa mengangkut manusia buat menjelajah Bulan. Kontrak itu bernilai US$2.9 miliar (sekitar Rp41.4 triliun).

Pada April lalu, NASA memutuskan menggelontorkan dana kepada SpaceX buat membangun wahana itu, yang disebut sebagai Sistem Pendaratan Manusia (HLS).

Blue Origin yang digawangi Bezos tidak terima dengan keputusan NASA. Ketika keberatan mereka ditolak, Blue Origin memutuskan menggugat NASA ke pengadilan.

Alhasil kontrak antara NASA dan SpaceX saat ini dievaluasi kembali hingga batas waktu akhir Oktober buat menentukan keputusan. Akibat gugatan Blue Origin, proyek NASA dan SpaceX itu mandek hingga ada keputusan akhir, seperti dilansir RT.

Sebagai balasan, Amazon yang juga perusahaan milik Bezos membeberkan sejumlah dokumen gugatan yang dilayangkan SpaceX kepada Lembaga Akuntabilitas Pemerintah (GAO) dan Komisi Komunikasi Federal (FCC) Amerika Serikat.

Berkas gugatan SpaceX yang dipaparkan Amazon itu terkait dengan persaingan kedua pengusaha itu dalam pasar satelit internet.

(ayp/ayp)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER